sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 17:10 WIB

Tentang Eder Militao, Si Bek Serbaguna Anyar Madrid

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Eder Militao, bek anyar Real Madrid. (Foto: Octavio Passos/Getty Images) Eder Militao, bek anyar Real Madrid. (Foto: Octavio Passos/Getty Images)
Jakarta - Real Madrid baru-baru ini mengumumkan perekrutan Eder Militao dari FC Porto. Bek 21 tahun itu jadi rekrutan pertama Madrid sejak kembalinya Zinedine Zidane.

Dilansir dari Marca, Madrid memboyong Militao dengan menebus klausul pelepasan senilai 50 juta euro (Rp 807 miliar). Jumlah tersebut jelas terbilang cukup mahal bagi bek yang baru satu musim berlaga di Eropa.

Militao baru akan merapat ke Santiago Bernabeu pada musim panas mendatang. Ia dikontrak selama enam tahun oleh Los Blancos hingga 2025.




Lalu, seberapa istimewa pemain asal Brasil ini hingga Madrid bergerak cepat, sebelum bursa transfer dibuka?

Militao merupakan produk akademi Sao Paolo. Ia dipromosikan ke tim utama raksasa Brasil ini pada musim 2016-2017 dan menjalani debut profesional pada 14 Mei 2017.

Tak butuh waktu lama, ia langsung menjelma menjadi andalan Sao Paolo di lini pertahanan. Selama kurang lebih setahun di tim utama, Militao tampil 37 kali, menyumbangkan tiga gol dan satu assist.

Penampilannya bersama Sao Paolo membuat Porto terpikat dan merekrutnya. Dia dibeli dengan biaya 7,3 juta euro. Adaptasinya di Portugal berlangsung lancar dan pria bertinggi 186 cm ini langsung tampil reguler bersama Si Naga.




Punya tinggi badan yang relatif ideal untuk seorang bek tengah, salah satu kemampuan Militao yang menonjol adalah mampu bermain di posisi lain. Militao juga bisa diturunkan sebagai bek sayap dan gelandang bertahan.

Musim ini, ia sudah tampil di 34 pertandingan bersama FC Porto dengan torehan tiga gol dan dua assist. Ia turut berperan dalam kelolosan FC Porto ke perempatfinal Liga Champions.

Militao digadang-gadang menjadi suksesor Sergio Ramos. Ramos saat ini sudah berusia 32 tahun dan perlu regenerasi.

Madrid saat ini memang tengah berusaha untuk meremajakan skuatnya dalam beberapa musim terakhir. Tak cuma merekrut pemain-pemain belia, Los Merengues juga memberikan kesempatan untuk mereka unjuk gigi.




Vinicius Junior (18 tahun), Federico Valverde (20), Sergio Reguilon (22) tercatat mulai sering dimainkan. Selain itu masih ada Brahim Diaz (19), Jesus Vallejo (22), dan Dani Ceballos (22) di dalam tim. (raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed