sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 04:26 WIB

Hasil Liga Spanyol: Barca di Ambang Gelar Juara Usai Kalahkan Alaves 2-0

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Barcelona di ambang gelar juara Liga Spanyol usai menang atas Deportivo Alaves. (Foto: Vincent West / Reuters) Barcelona di ambang gelar juara Liga Spanyol usai menang atas Deportivo Alaves. (Foto: Vincent West / Reuters)
Vitoria-Gasteiz - Barcelona tinggal selangkah dari titel juara Liga Spanyol. Menyusul kemenangan mudah atas tuan rumah Deportivo Alaves dengan skor akhir 2-0.

Bermain di Stadion Mendizorroza, Rabu (24/4/2019) dinihari WIB, Lionel Messi tidak dimainkan sejak awal melainkan masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Pada awalnya Alaves mampu mengimbangi Barcelona sehingga babak pertama berakhir tanpa gol. Barcelona memastikan kemenangannya berkat gol-gol Carles Alena dan penalti Luis Suarez di paruh kedua permainan.

Dengan tambahan tiga angka, Barca kini mengoleksi 80 poin hasil 34 pertandingan. Los Cules unggul 12 poin dari rival terdekatnya Atletico Madrid yang baru akan bermain pada malam ini.

Barca akan mengunci titel juara Liga Spanyol seandainya Atletico kalah dari Valencia. Sekalipun skenario ini tidak berjalan, Barca masih bisa berpesta juara di hadapan publik sendiri dengan mengalahkan Levante pada akhir pekan nanti.

Sementara itu Alaves tetap menghuni peringkat delapan klasemen dengan perolehan 46 poin.


Jalannya Pertandingan

Barcelona menghadapi Alaves yang mengusung strategi bertahan. Dua peluang beruntun dihasilkan Barcelona di menit keenam lewat Luis Suarez dan Philippe Coutinho.

Semenit kemudian, ancaman Barca terlahir lagi. Sergi Roberto melepaskan tembakan ke arah sudut atas gawang meski masih melenceng.

Di menit ke-23, Coutinho mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan melengkung jarak jauh, namun Fernando Pacheco masih mudah menangkap bola. Enam menit kemudian, Pacheco menyelamatkan tembakan keras Suarez dari sisi kanan kotak penalti.

Ketika pertandingan berjalan setengah jam, Barcelona menyerang lagi yang menghasilkan sepak pojok. Sundulan Arturo Vidal melompat paling tinggi untuk menyundul bola, tapi hanya melayang di atas gawang.



Jelang turun minum, Alaves menciptakan peluang pertamanya. Umpan silang Jony diterima Rodrigo Ely untuk diteruskan dengan sundulan sekalipun masih melambung. Skor 0-0 menandai berakhirnya babak pertama.

Setelah restart, Alaves lebih sering menyerang. Sebuah peluang terlahir di menit ke-51 saat Ruben Duarte melepaskan tembakan melengkung ke sudut atas gawang, yang bisa diselamatkan Marc-Andre ter Stegen.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-54. Barcelona memimpin 1-0 atas Alaves, usai Carles Alena membuka skor.

Kerjasama Vidal dengan Sergi Roberto diakhiri dengan sebuah umpan mendatar, yang menembus Suarez sebelum diterima Alena. Dari dalam kotak penalti, Alena melepaskan tembakan kaki kiri tanpa bisa dijangkau Pacheco.

Barca cuma butuh waktu tiga menit untuk menambah keunggulannya. Pique menjaringkan bola ke sudut atas jala gawang Alaves. Namun, gol itu dianulir setelah wasit memeriksa dengan VAR.

Hasilnya Barca dihadiahi penalti karena Tomas Pina melakukan hand ball. Suarez maju sebagai eksekutor dan menceploskan bola ke gawang ke arah kiri untuk memperbesar skor menjadi 2-0.

Lionel Messi akhirnya dimasukkan untuk menggantikan Ousmane Dembele di menit ke-61. Delapan menit kemudian, Messi meliuk-liuk di kotak penalti sebelum mengakhiri dengan sepakan yang digagalkan Pacheco.

Alves keluar dari tekanan Barcelona untuk melakukan serangan yang membuahkan dua peluang. Pemain pengganti Darko Brasanac menerima bola umpan Pina untuk diteruskan dengan sepakan first-time dari tengah kotak. Bola melambung.

Serangan balik Alaves mengancam Barcelona. Di menit ke-75, Jony melepaskan tembakan melengkung ke tiang dekat, yang melenceng tipis.

Kurang dari 10 menit kemudian, Vidal nyaris mencetak gol ketiga Barcelona. Akan tetapi, sundulannya menyambut umpan silang Suarez masih melambung tipis dari mistar gawang Alaves.

Di akhir waktu normal, giliran Coutinho yang menebar teror ke pertahanan Alaves. Kerjasama satu-dua dengan Messi di akhiri Coutinho dengan tembakan kaki kiri yang melebar dari tiang dekat.



Susunan Pemain

DEPORTIVO ALAVES: Fernando Pacheco, Laguardia, Ximo Navarro, Rodrigo Ely (Twumasi 71'), Ruben Duarte, Carlos Vigaray, Wakaso, Tomas Pina, Jony (Guidetti 81'), Borja Baston, Rolan (Brasanac 46')

BARCELONA: Ter Stegen, Pique, Sergi Roberto, Umtiti, Semedo (Jordi Alba 70'), Vidal, Busquets, Coutinho, Carles Alena (Arthur 87'), Suarez, Dembele (Messi 61')



Tonton juga video Selain Messi, Ini Penggawa Barca yang Diwaspadai Solskjaer:

[Gambas:Video 20detik]

(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed