sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 13 Jul 2019 13:50 WIB

Belanja Pemain LaLiga Tembus Rp 16,3 T

Lucas Aditya - detikSport
Pembelian mahal Barcelona dari Atletico Madrid, Antoine Griezmann. (Foto: Albert Gea /Reuters) Pembelian mahal Barcelona dari Atletico Madrid, Antoine Griezmann. (Foto: Albert Gea /Reuters)
Jakarta - Klub-klub LaLiga mencatatkan belanja besar-besaran. Jumlah pembelian pemain tim di Liga Spanyol sudah menembus 1,03 miliar euro atau setara Rp 16,3 triliun.

Antoine Griezmann menjadi pembelian mahal terbaru klub La Liga. Pemain Prancis itu dibeli oleh Barcelona dari Atletico Madrid seharga 120 juta euro.

Sebelum itu, ada pembelian Joao Felix dari Benfica oleh Los Colchoneros. Tebusan untuk pemain 19 tahun itu sebesar 120 juta euro, yang bisa bertambah 6 juta euro karena pembayarannya dicicil.




Dari Real Madrid, Eden Hazard merupakan pembelian mahalnya. Pemain Belgia itu membuat El Real harus merogoh kocek 100 juta euro.

Dalam data yang dilansir oleh Transfermarkt, ada 238 pembelian pemain di LaLiga. Sebanyak 20 klub kasta teratas Liga Spanyol sudah membelanjakan 1,03 miliar euro.

Madrid menjadi klub paling boros, dengan jumlah belanja sekitar 300 juta euro. Selain Hazard, Madrid juga mendatangkan pemain mahal lainnya seperti Luka Jovic, Eder Militao, Ferland Mendy, dan Rodrygo.

Barcelona ada di peringkat kedua dengan jumlah belanja 233 juta euro. Pembelian mahal kedua Los Cule saat mendatangkan Frenkie de Jong. Dia ditebus dengan nilai transfer 75 juta euro.




Atletico menempati peringkat ketiga. Total belanja mereka sudah menembus 196,5 juta euro. Pembelian termahal kedua mereka Marcos Llorente, yang ditebus dari Real Madrid dengan bayaran 30 juta euro.

Belanja tiga tim teratas LaLiga musim lalu itu saja sudah menembus 732,5 juta euro. Pantas kalau belanja tim-tim Spanyol sudah melewati rekor musim lalu yang sebesar 930 juta euro dalam rentang 42 hari.

Dengan jumlah belanja itu, LaLiga unggul jauh dibandingkan lima liga besar Eropa. Premier League ada di posisi kedua dengan jumlah belanja 675 juta euro, menyusul kemudian Serie A yang sudah membelanjakan 674 juta euro, lalu Bundesliga dengan jumlah belanja 530 juta euro, terakhir Liga Prancis dengan total belanja sejauh ini 226 juta euro dalam data yang dilansir Marca.

Jumlah belanja klub-klub La Liga kemungkinan masih bisa bertambah banyak. Madrid masih dikaitkan dengan Paul Pogba. Sementara itu, Barcelona masih terus dispekulasikan akan memulangkan Neymar dari Paris Saint-Germain.


(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com