sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 20 Jul 2019 05:11 WIB

Pulang ke Barcelona, Valdes Jadi Pelatih Tim U-19

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Victor Valdes jadi pelatih Barcelona U-19 mulai tahun ini (Ian MacNicol/Getty Images) Victor Valdes jadi pelatih Barcelona U-19 mulai tahun ini (Ian MacNicol/Getty Images)
Barcelona - Victor Valdes pulang ke Barcelona, klub yang pernah membesarkan namanya. Valdes baru saja diserahi tugas sebagai pelatih tim U-19.

Valdes pensiun pada 2017 dengan Middlesbrough sebagai klub terakhirnya. Setelah setahun istirahat, Valdes menjajal dunia kepelatihan dengan melatih tim muda Moratalaz yang berbasis di Madrid.

Tapi, Valdes takkan lagi melanjutkan kiprahnya di sana. Sebab Barcelona memanggilnya pulang untuk menggantikan posisi Denis Silva sebagai pelatih tim U-19 klub tersebut.

Valdes menyepakati kontrak setahun dengan opsi perpanjangan di tahun kedua jika prestasinya memuaskan. Kerjanya akan dimulai pada 29 Juli mendatang dengan laga kontra tim muda Ajax sebagai debutnya di 27 Agustus.






Kembalinya Valdes ini seperti bernostalgia saat dia menuai sukses besar bersama Barcelona. Lulusan La Masia itu naik ke tim utama pada 2002 dan tampil 535 kali sebagai penjaga gawang utama tim.

Dia jadi bagian dari generasi emas Barcelona yang meraih enam gelar LaLiga, dua Copa del Rey, tiga Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan dua Piala Dunia Antarklub. Cedera lutut parah mengakhiri kariernya di klub itu.

Setelah tak lagi terpakai Barca, Valdes yang kini berusia 37 tahun pindah ke Manchester United pada 2014, tapi kariernya tak berjalan sukses. Dia cuma tampil dua kali sebelum dipinjamkan ke Standard Liege pada 2016 dan mengakhiri kariernya bersama Middlesbrough musim 2016/2017.

Valdes tentu diharapkan bisa melanjutkan kiprah Pep Guardiola dan Luis Enrique, yang sukses sebagai pemain maupun pelatih.


(mrp/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com