sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 17:08 WIB

Jangan Dulu Sebut Messi sebagai Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Lionel Messi dianggap belum pantas dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang masa. (Foto: David Ramos/Getty Images) Lionel Messi dianggap belum pantas dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang masa. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta - Lionel Messi tidak jarang disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Namun, Jose Antonio Camacho menganggap gelar itu belum pantas untuk Messi.

Label 'terbaik sepanjang masa' disematkan kepada Messi berkat sepak terjangnya bersama Barcelona. Sejak debutnya pada 2004, La Pulga telah mencetak lebih dari 603 gol plus 242 assist untuk memenangi 30 trofi juara.

Di level individu, tidak terhitung lagi rekor yang dipecahkan Messi. Pengakuan diterima pesepakbola 32 tahun ini dengan didapuk sebagai pemenang penghargaan Ballon d'Or lima kali.


Dalam karier yang gemilang itu, Messi hanya kurang gelar juara bersama timnas Argentina. Sampai kini, Messi hanya sebatas nyaris juara setelah memimpin negaranya maju ke empat final: Piala Dunia 2014, Copa America 2007, 2015 dan 2016.

Camacho adalah legenda sepakboal Spanyol yang pernah menjadi pemain dan pelatih Real Madrid. Menurut Camacho, selama belum bisa memenangi Piala Dunia, Messi belum layak disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa.


"Dia [Lionel Messi] adalah seorang pemain yang sangat hebat, tapi Anda tidak bisa menjadi yang terbaik di dunia apalagi dalam sejarah kalau Anda adalah orang Argentina dan tidak memenangi sebuah Piala Dunia," Camacho mengatakan kepada El Mundo.

"Ada negara-negara dengan lebih sedikit tradisi dalam kaitannya dengan sepakbola dunia -- dimana juara Piala Dunia bukanlah pencapaian terbesar seperti di negara-negara lainnya -- tapi Argentina kan sebuah kekuatan dominan."

"Tidak, tanpa sebuah Piala Dunia, Messi tidak bisa menjadi yang terbaik. Sebuah Piala Dunia adalah hal terbaik yang Anda inginkan dan rakyat Argentina akan selalu menuntutnya," simpul pelatih yang belum lama ini berhenti dari kursi pelatih timnas Gabon itu.




Simak Video "Messi: Ada Orang di Barcelona Tak Ingin Neymar Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com