sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 15:28 WIB

Persaingan Jadi Penyerang Berat, Casemiro Pilih Posisi Gelandang Bertahan

Angling Adhitya Purbaya - detikSport
Meski terkenal sebagai gelandang bertahan, Casemiro memulai karirnya sebagai penyerang. Foto: Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images Meski terkenal sebagai gelandang bertahan, Casemiro memulai karirnya sebagai penyerang. Foto: Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images
Jakarta -

Casemiro dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Namun rupanya ia bermain sebagai penyerang saat sedang meniti karier sepakbola.

Saat ini, Casemiro dikenal sebagai gelandang bertahan andalan Real Madrid dan Timnas Brasil. Posisinya pun kini tak tergantikan di dua tim tersebut. Bersama El Real, ia sukses meraih banyak gelar, seperti 1 Liga Spanyol, 1 Copa Del Rey, dan 4 Liga Champions. Sedangkan bersama Brasil, ia sukses menjuarai Copa America 2019.

Tapi siapa sangka, ia memulai karir di akademi Sao Paulo dengan berposisi sebagai pemain depan. Namun karena banyaknya pemain yang ada di posisi tersebut, Casemiro mencoba peruntungannya sebagai gelandang bertahan, posisi yang tidak populer saat itu di antara posisi lainnya.

"Saat saya menjalani trial di Sao Paulo, saya adalah seorang penyerang. Saya cukup kuat, bertubuh paling tinggi di antara pemain seumuran saya, dan sering mencetak gol lewat sundulan," ujar Casemiro menceritakan perjalanan karirnya, seperti dikutip AS.

"Suatu ketika, di usia 12-13 tahun, sudah ada sekitar 300 pemain di akademi, sedangkan klub hanya akan memilih 50 pemain."

"Saya ingat betul, saat pelatih bertanya siapa yang berposisi kiper, tiga orang mengacungkan tangannya. Lalu dia bertanya siapa yang berposisi penyerang, sekitar 40 anak mengacungkan tangannya. Saya pun berpikir, 'persaingannya terlalu ketat, saya tidak akan menjadi striker'. Hal yang sama terjadi saat mereka menanyakan posisi gelandang tengah."

"Kemudian pelatih bertanya, 'apakah ada gelandang bertahan di sini?', dan hanya 7-8 orang yang mengacungkan tangan. Sejak itu saya meyakinkan diri saya, oke, saya seorang gelandang bertahan," sambung Casemiro.


Awalnya, Casemiro harus beradaptasi. Terlebih pelatihnya kala itu menyadari dirinya bukanlah gelandang bertahan.

"Selama trial, saya berlatih sebagai gelandang bertahan. Pelatih sempat menarik saya dan bilang 'kamu bukan gelandang bertahan, kamu datang ke sini sebagai penyerang'. Tapi saya bersikeras dan itulah awal dari perjalanan karier saya (sebagai gelandang bertahan)," ujar Casemiro.





Simak Video "Los Blancos Keok 0-1 dari Mallorca"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com