sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Okt 2019 22:35 WIB

Ingin Karier Panjang, Messi Kini Lebih Hati-Hati

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Lionel Messi mesti berhati-hati menjaga tubuhnya demi karier yang lebih panjang. (Foto: Emilio Morenatti/AP Photo) Lionel Messi mesti berhati-hati menjaga tubuhnya demi karier yang lebih panjang. (Foto: Emilio Morenatti/AP Photo)
Barcelona - Tidak bisa dipungkiri Lionel Messi sudah tiba di ujung karier. Messi mengakui mesti lebih hati-hati menjaga tubuhnya demi karier sepakbola yang lebih panjang.

Megabintang Barcelona itu sudah berusia 32 tahun. Messi berarti akan berusia 34 tahun saat kontraknya habis dengan klubnya pada 2021.

Di awal musim ini, momentum Messi tersendat karena mengalami cedera betis dan otot paha sehingga harus absen di lima pertandingan Barcelona. Alhasil, pemilik lima Ballon d'Or itu baru bisa menyumbang satu gol dan dua assist dalam lima penampilan.


Messi sadar bahwa dia tidak muda lagi. Kondisi fisiknya akan menentukan seberapa lama karier Messi.

"Sulit karena pikiran Anda baik-baik saja; Anda berpikir bahwa Anda berusia 25 tahun dan Anda bisa terus melakukan banyak hal yang sama [seperti sebelumnya] ketika itu," Messi mengatakan kepada Marca.


"Namun tubuh yang menentukan dan ada situasi-situasi di mana Anda harus lebih hati-hati daripada sebelumnya. Menyesuaikan hal tersebut kan butuh proses dan mempersiapkan diri secara berbeda untuk latihan dan pertandingan."

"Anda sadar diri berapa lama Anda bisa melanjutkan. Aku akan mencari tahu seiring berjalannya waktu. Aku akan menjadi yang pertama mengatakan, 'Aku sudah melangkah sejauh ini dan aku tidak bisa lagi melakukannya,' atau aku merasa baik-baik saja untuk melanjutkan."

[Gambas:Opta]

Simak Video "Hat-trick Spesial Lionel Messi yang Samai Rekor Ronaldo"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com