sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 21:45 WIB

Jan Oblak Clean Sheet Terus

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Pemain Atletico Madrid, Jan Oblak, terus membukukan clean sheet. (Foto: Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Madrid - Jan Oblak terus menunjukkan performa prima di Atletico Madrid. Kiper Slovenia ini terus membukukan rekor clean sheet.

Sejak dibobol dua kali oleh Juan Cuadrado dan Blaise Matuidi saat Atletico ditahan imbang Juventus 2-2 di Liga Champions pada 18 September 2019, Oblak belum kebobolan lagi dengan skema permainan terbuka. Dari delapan pertandingan selanjutnya, ia baru kemasukan bola satu kali.

Gelandang Valencia, Dani Parejo, menjadi pemain terakhir yang mampu merobek gawang Oblak selama satu bulan ini. Gol tersebut pun tercipta lewat tendangan bebas, kala Valencia menahan imbang Atletico 1-1 pada 19 Oktober.

Sisanya, tidak ada klub lain yang berhasil mengoyak gawang Atletico di semua kompetisi. Lokomotiv Moscow dan Bayer Leverkusen gagal menaklukan Oblak di Liga Champions, sementara Celta Vigo, Real Mallorca, Real Madrid, Real Valladolid, dan Athletic Bilbao tidak mampu mencetak gol ke jala kiper asal Slovenia itu di LaLiga.




Pada musim ini, Oblak sudah mencatatkan 7 clean sheet dari 10 pertandingan di Liga Spanyol. Total, kiper berusia 26 tahun itu menorehkan 65 kali bersih dari kebobolan di LaLiga bersama Atletico sejak 2014.

Mantan kiper Benfica itu pun menyamai rekor penjaga gawang Atletico di era 1980-an, Abel Resino, dengan 65 kali clean sheet di liga. Tetapi, Oblak melakukannya hanya dalam 163 pertandingan saja, sementara Abel 243 laga.

Penampilan impresif peraih empat Trofi Zamora tersebut mendapat aplaus pelatih Atletico, Diego Simeone. Menurutnya, Oblak adalah kiper terbaik di dunia saat ini.

"Oblak adalah penjaga gawang terbaik dunia saat ini, sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia terus berkembang dan tumbuh setiap tahun dan ia membantu tim bersinar," kata Simeone dikutip dari Football Espana.

"Ia menunjukkan jika dirinya adalah yang terbaik dengan performanya saat latihan dan kala bertanding bersama tim. Saya yakin Oblak akan mendapatkan penghargaan terbaru dari FIFA sebagai kiper terbaik," ujarnya.




Simak Video "Jan Oblak Fokus Liga Champions, Bukan Chelsea"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com