sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 17 Jan 2020 09:39 WIB

Ronaldinho: Aku Beruntung Bisa Beri Assist untuk Gol Pertama Messi

Yanu Arifin - detikSport
Lionel Messi dan Ronaldinho di Barcelona. (Foto: Denis Doyle/Getty Images)
Sao Paulo - Ronaldinho mengenang masa-masa awal Lionel Messi di Barcelona. Eks pemain asal Brasil itu mengaku beruntung bisa memberi assist pada gol pertama La Pulga.

Lionel Messi naik ke tim senior Barcelona, tak lama setelah Blaugrana mendatangkan Ronaldinho dari Paris Saint-Germain. Ketika itu, Ronaldinho langsung menjadi bintang utama klub.


"Ketika aku tiba di Barcelona, sudah ada pembicaraan tentang seorang anak yang menonjol," kenang Ronaldinho, dalam interview yang dipublikasikan Panenka.

"Lalu kami berteman. Kami mulai bermain bersama dan bermain dengan sangat baik. Dia muncul dengan menjadi berbeda dari yang lain, dan kami berbicara dengan [Frank] Rijkaard sehingga dia datang untuk berlatih bersama kami. Semuanya mengalir begitu cepat," ungkapnya.

Ronaldinho, yang membawa Barcelona menjuarai Liga Champions 2005/2006, kemudian dianggap menjadi mentornya Messi. Peraih Ballon d'Or 2005 itu bahkan menjadi pemberi assist untuk gol perdana Messi di Barcelona.

Messi sendiri mencetak gol perdananya pada 1 Mei 2005. Ia menyarangka gol perdananya ke gawang Albacete dengan sepakan lob yang melewati kiper, usai memanfaatkan umpan Ronaldinho..


"Aku cukup beruntung bisa memberinya umpan untuk gol pertamanya," kenang Ronaldinho.

"Seiring waktu, sangat menyenangkan melihat seseorang yang cukup dekat dan kemudian menaklukkan dunia. Kami sangat dekat. Kami belajar banyak hal, dia mengajariku bahasa Spanyol dan aku mengajarinya bahasa Portugis, tetapi dengan bola kami saling memahami dengan sempurna."

"Aku kagum dengan betapa tenangnya dia. Itu sesuatu yang aku sukai dari dia; dia tidak pernah mendapat masalah, dia selalu bersama keluarganya dan orang-orang terdekatnya. Leo memiliki segalanya, dia tidak membutuhkan apa pun dariku," ujar Ronaldinho, yang kemudian pindah ke AC Milan pada tahun 2008 itu.

Simak Video "11 Tembakan Lionel Messi Tak Membuahkan Gol"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com