sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 20 Jan 2020 21:06 WIB

Setien Kembalikan Tiki-taka ke Barcelona

Putra Rusdi K - detikSport
Quique Setien seolah mengembalikkan tiki-taka ke dalam permainan Barcelona (Foto: Alex Caparros/Getty Images)
Barcelona - Quique Setien seakan mengembalikan tiki-tika ke pola permainan Barcelona. Mantan pelatih Real Betis membawa El Barca mencatatkan rekor umpan di laga debutnya.

Setien menjalani laga debutnya sebagai pelatih Barcelona saat menghadapi Granada di Camp Nou pada pekan ke-20, Minggu (19/1/2020) malam WIB. Mereka menang 1-0 berkat gol tunggal dari Lionel Messi.

Meski hanya menang tipis, Barcelona menampilkan performa yang jarang terlihat di era Ernesto Valverde. Setien mampu menyulap Blaugrana untuk memainkan umpan pendek dan sangat mengandalkan penguasaan bola.



Dikutip dari situs resmi klub, Barcelona mencatatkan penguasaan bola sebesar 82,6 persen saat jumpa Granada. Mereka juga mampu melakukan 1005 umpan sepanjang 90 menit.

Ini merupakan penguasaan bola tertinggi El Barca sejak di laga kontra Levante pada Mei 2011. Saat itu, Barcelona yang masih ditangani oleh Pep Guardiola memiliki penguasaan bola sebesar 84 persen.

Torehan umpan Barcelona yang mencapai lebih dari seribu ini juga merupakan sesuatu yang luar biasa. Pasalnya, mereka sebelumnya hanya dua kali mencatatkan raihan tersebut sejak 2005/2006.

Berkaca dari statistik tersebut, Setien kini diyakini bakal menjadi sosok yang membawa tiki-tika kembali ke permainan Barcelona. Para fans Blaugrana jelas merindukan tim kesayangannya bermain dengan filosofi tersebut.

Di era Valverde, Barcelona memang menanggalkan permainan menyerang yang mengandalkan penguasaan bola. Ia lebih memilih menerapkan permainan yang pragmatis.



Simak Video "Valverde Out, Quique Setien In"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com