sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 05:59 WIB

Kisah Miris Unionistas, Calon Lawan Real Madrid

Yanu Arifin - detikSport
Logo klub Unionistas, calon lawan Real Madrid di babak 32 besar Copa del Rey. (Foto: unionistascf.com)
Salamanca - Real Madrid akan melawan Unionistas di babak 32 besar Copa del Rey. Ada kisah miris tentang calon lawan Los Blancos tersebut.

Madrid akan melawat ke markas Unionistas pada babak ke-32 besar Copa del Rey, Kamis (23/1/2020). Kondisi kedua tim bak langit dan bumi.

Madrid merupakan salah satu tim paling kaya di muka bumi, tapi tidak dengan Unionistas. Klub dari kasta ketiga liga itu cuma kesebelasan kecil dari Salamanca, wilayah barat Spanyol.

Jika Madrid memiliki Santiago Bernabeu, yang berkapasitas puluhan ribu lengkap dengan fasilitas mewahnya, tidak dengan sang lawan. Unionistas cuma punya stadion kecil berkapasitas 3.000 orang bernama Stadion Pistas de Helmantico.


Sejarah Unionistas

Salamanca awalnya punya klub lokal kebanggaan. UD Salamanca, yang berdiri sejak 1923, merupakan satu-satunya klub kebanggaan warga lokal.

Namun, UD Salamanca, yang turut melahirkan Michael Salgado dan Pauleta, bubar akibat terlilit utang pada 2013. BBC mencatat, hutang sebesar 23 juta euro membuat klub tersebut pailit.

Dilansir BBC, presiden Salamanca yang juga pengusaha, Juan Jose Hidalgo, dianggap mengecewakan penggemar karena akhirnya melikuidasi klub. Hidalgo sedianya sempat mewacanakan membangun klub baru bernama Salamanca Athletic Club, tapi warga setempat punya rencana lain.

Tak mau dikecewakan lagi oleh pengusaha semacam Hidalgo atau sponsor, warga membangun klub sendiri. Sebuah klub berbasis warga Salamanca didirikan guna meneruskan pejuangan UD Salamanca, yang punya catatan 12 musim berlaga di kasta tertinggi. Syahdan, Unionistas de Salamanca CF akhirnya berdiri.

Unionistas bersifat demokratis, di mana semua anggotanya yang berasal dari warga lokal, punya hak suara yang sama rata. Semua pimpinan juga sukarelawan, yang menghindarkan klub dari ketergantungan sponsor.


Sistem keanggotaannya juga menarik. Ada tingkatannya, mulai dari yang rendah hingga tinggi, dengan uang keanggotaan yang masuk akan mengalir ke kas klub. Mereka yang merupakan anggota elit di antaranya mantan pelatih Timnas Spanyol, Vicente del Bosque.

Hingga musim 2018/2019, tercatat Unionistas punya jumlah keanggotaan mencapai 2.653 orang. Semuanya menjadi pemilik klub, dengan nama kepemilikannya masing-masing, membangun klub kecil tersebut.

Unionistas memulai kiprahnya di Primera Provincial - Salamanca, tingkatan keenam di kasta sepakbola Spanyol, pada musim 2014/2015. Debutnya terjadi pada 3 September 2014, dengan menelan kekalahan 0-1 dari UD Santa Marta di laga persahabatan.

Unionistas pun bisa menjadi juara Primera Provincial Salamanca. Setahun berselang, Unionistas naik ke Primera Regional, kasta kelima Liga Spanyol.

Penampilan Unionistas terus meningkat. Pada musim 2016/2017, mereka naik ke Tercera Division. Di musim pertamanya, Unionistas bisa menempati posisi tiga, dan setahun berselang naik ke Divisi Segunda B.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bale Bikin Gol, Real Madrid Menang"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com