sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Feb 2020 00:04 WIB

Barcelona Vs Getafe: Griezmann dan Sergi Roberto Menangkan Barca 2-1

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 15: Antoine Griezmann of FC Barcelona dribbles David Soria of Getafe CF during the Liga match between FC Barcelona and Getafe CF at Camp Nou on February 15, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images) Barcelona tundukkan Getafe 2-1. (Foto: Eric Alonso/Getty Images)
Jakarta -

Barcelona memenangi laga sulit kala menjamu Getafe. Gol dari Antoine Griezmann dan Sergi Roberto memenangkan Barca dengan skor tipis 2-1.

Duel Barcelona vs Getafe dalam lanjutan Liga Spanyol pekan ke-24 digelar di Camp Nou, Sabtu (15/2/2020) malam WIB. Meski secara keseluruhan mendominasi pertandingan, tapi Barcelona sempat amat kerepotan menghadapi tekanan bali Getafe, khususnya di babak pertama.

Butuh kejelian Lionel Messi untuk Barcelona membuka skor, kala umpannya diselesaikan Griezmann di menit ke-34. Lima menit berselang, Sergi Roberto menggandakan keunggulan Blaugrana.

Barcelona sebenarnya bisa saja tertinggal lebih dulu, tapi sebuah gol dari Allan Nyom dianulir karena terjadi pelanggaran. Getafe pada prosesnya mampu mencetak gol di menit ke-66 melalui Angel Rodriguez, tapi tak bisa mendapatkan yang lainnya.

Dengan hasil ini, Barcelona masih berada di posisi kedua namun menempel perolehan poin Real Madrid di puncak klasemen. Anak-anak asuh Quique Setien kini mengoleksi 52 poin dari 24 laga, kalah selisih gol dari Real Madrid yang baru 23 kali bertanding.

Sementara Getafe tertahan di urutan tiga dengan 42 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung mencoba menguasai pertandingan selepas sepak mula. Sementara tim tamu menekan balik dengan agresif untuk membuat tuan rumah tak nyaman.

Lionel Messi mendapatkan kesempatan di menit ke-13 dan melepaskan tembakan. Upayanya masih membentur Xabier Etxeita.

Dua menit kemudian, Messi membuang kans bagus. Ia melepaskan diri dari kawalan dan lolos dari jebakan offside, untuk menerima umpan terobosan Sergio Busquets.

Messi mencoba melambungkan bola ke atas kiper, tapi gagal. Eksekusinya terlalu rendah sehingga ditangkap David Soria.

Tekanan balik dari Getafe mulai membuat pertahanan Barcelona beberapa kali gugup. Di menit ke-23, Jorge Molina lolos dan tinggal menghadapi kiper, sampai kemudian Samuel Umtiti datang di saat terakhir untuk membelokkan tendangannya ke luar lapangan.

Dari sepak pojok yang didapatkan, Getafe mencetak gol. Molina menanduk umpan korner dan bola rebound dikuasai Allan Nyom, lalu diceploskan ke dalam gawang.

Tapi gol ini dibatalkan oleh Video Assistant Referee (VAR), setelah wasit mengecek ulang prosesnya. Nyom lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Umtiti.

Getafe kembali mendapatkan celah di menit ke-27. Kali ini sepakan Marc Cucurella masih melebar.

GOL! Barcelona memimpin di menit ke-34 lewat sebuah serangan yang rapi. Umtiti ikut membantu serangan dan mengoper ke Messi, yang dengan jeli meneruskannya ke Antoine Griezmann. Dalam posisi bebas, Griezmann dengan tenang menaklukkan kiper.

Enam menit kemudian atau pada menit ke-39, Barcelona menggandakan skor. Firpo menusuk di kiri dan melepaskan umpan tarik yang disambar Sergi Roberto di tiang jauh.

Messi memenangi tendangan bebas di menit ke-41 dan coba mengarahkan tembakan langsung ke gawang. Namun belum menemui sasaran.

Jelang paruh pertama usai, Messi mendapatkan kesempatan bagus saat menerima umpan lambung Roberto di sisi kiri di dalam kotak penalti. Sundulannya masih bisa ditepis. Skor 2-0 bertahan sampai paruh pertama selesai.

Barcelona mencoba menjaga kontrol pertandingan usai restart. Sementara Getafe melakukan dua pergantian untuk menghidupkan peluang.

Usaha Getafe membuahkan hasil di menit ke-66. Umpan silang Jaime Mata dari kanan diselesaikan dengan tendangan voli oleh Angel Rodriguez, yang baru masuk di menit ke-52. Bola bersarang di pojok kanan gawang.

Barcelona merespons dengan tusukan dari kiri lewat Ansu Fati. Sepakan Fati masih bisa dihalau oleh Soria.

Nyaris Barcelona kebobolan gol kedua di menit ke-72. Dari tendangan bebas, umpan lambung disambar Rodriguez di depan gawang dan Ter Stegen menunjukkan refleks cemerlang dengan menepis, lalu mendorong bola menjauh.

Gantian Barcelona mengancam dua menit berselang. Firpo dan Fati memainkan umpan satu-dua dan menusuk dari kiri. Firpo mengirim umpan tarik yang gagal disambar Fati, tapi jatuh di kaki Griezmann. Sepakan Griezmann melambung.

Griezmann mendapatkan peluang lain di menit ke-77, kali ini menerima umpan terobosan dari Messi. Tembakannya melebar sementara di posisi lain Fati sedikit kecewa rekannya tak mengoper bola kepadanya.

Rodriguez meminta penalti untuk Getafe tak lama berselang usai terjatuh dalam duel dengan Gerard Pique. Tapi wasit tak tertarik.

Messi menebar ancaman di menit ke-90. Menerima sodoran dari Roberto di kanan, ia menusuk ke tengah dan melepaskan tembakan melengkung yang cuma berakhir tipis di kiri gawang.

Tak ada gol lain sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba (Junior Firpo 22'); Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Arthur (Ivan Rakitic 75'); Ansu Fati (Arturo Vidal 85'), Lionel Messi, Antoine Griezmann

Getafe: David Soria; Allan-Romeo Nyom, Djene Dakonam, Xabier Etxeita, Mathias Olivera (Kenedy 52'); Oghenekaro Etebo (Ndiaye 67'), Mauro Arambarri, Nemanja Maksimovic, Marc Cucurella; Jaime Mata, Jorge Molina (Angel Rodriguez 52')



Simak Video "Valencia Bikin Barcelona Keok 2 Gol Tanpa Balas"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com