sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Mar 2020 06:30 WIB

Menuntaskan LaLiga Musim Ini Jadi Prioritas, tapi...

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Barcelonas Sergio Busquets, center, during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Barcelona at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Sunday, March 1, 2020. (AP Photo/Andrea Comas) RFEF tak mau main kira-kira soal kapan LaLiga dilanjutkan. (Foto: AP/Andrea Comas)
Jakarta -

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) menegaskan bahwa penuntasan LaLiga musim ini jadi prioritas. Tapi belum ada kepastian kapan liga dimulai lagi.

LaLiga sudah ditangguhkan sejak 12 Maret lalu karena pandemi virus corona. Saat itu penangguhan dijadwalkan berlaku selama dua pekan.

Tapi pada prosesnya RFEF dan LaLiga menyatakan bahwa kompetisi ditangguhkan tanpa batas waktu. Ini tak terlepas dari meningkatnya kasus virus corona.

Spanyol telah melaporkan lebih dari 49 ribu kasus positif, dengan korban jiwa mencapai 3.647. Angka kematian itu melewati China dan merupakan yang tertinggi kedua di dunia setelah Italia.

Kompetisi baru akan dilanjutkan lagi saat pemerintah Spanyol menyatakan situasi telah aman kembali. Tapi RFEF menegaskan prioritasnya adalah menuntaskan kompetisi, meski pihaknya tak mau memperkirakan kapan liga bisa dilanjutkan lagi.

"Di level olahraga, semua kompetisi ditangguhkan dan kami tak sedang memikirkan soal tanggal-tanggal atau membuat prediksi-prediksi. Ketika momennya tiba, dua hal itu akan dibahas, tapi kami tak akan menetapkan tanggal mulai sekarang," kata Presiden RFEF Luis Rubiales dikutip Marca.

"Ketika sepakbola kembali, ketika kehidupan masyarakat normal lagi, kita akan bicara. Kami bakal perlu memberikan para protagonis lapangan kemungkinan untuk bertarung di kondisi terbaik. Kami tak akan menguraikan soal jadwal."

"Kami tak suka menjadi para peramal. Ada banyak korban. Kita tak bisa memasang batas waktu. Bersama LaLiga, kami menuliskan sebuah pernyataan dan kami tidak memutuskan tanggal apapun untuk kembalinya sepakbola," sambungnya.

"Kami bersepakat karena sebuah musim harus dituntaskan, tapi ada pemikiran untuk tidak mengganggu dua musim. Prioritasnya adalah menuntaskan musim. Kami tak bisa sekadar mendegradasi tim-tim sekarang, tim-tim harus promosi sesuai haknya."

"Ada ratusan tim menunggu untuk menyelesaikan musim. Ketika negara ini pulih, saat itulah momen untuk menuntaskan musim ini," tandas Rubiales.



Simak Video "De Jong Dikartu Merah, Barca Gagal Menang"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com