sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 26 Apr 2020 12:08 WIB

Sudah Enam Tahun Tito Vilanova Pergi Meninggalkan Barcelona

Randy Prasatya - detikSport
BARCELONA, SPAIN - MAY 02:  Coach Assistant Tito Vilanova of FC Barcelona looks on from the bench prior to the La Liga match between FC Barcelona and Malaga CF at Camp Nou Stadium on May 2, 2012 in Barcelona, Spain. Tito Vilanova will be the FC Barcelona head coach next season. FC Barcelona won 4-1.  (Photo by David Ramos/Getty Images) Tito Vilanova telah meninggal dunia. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Tak terasa sudah enam tahun Tito Vilanova meninggalkan Barcelona untuk selama-lamanya. Vilanova meninggal dunia karena kanker kelenjar parotis.

Karier Vilanova terlihat begitu cerah bersama Barcelona. Ditunjuk sebagai pengganti Pep Guardiola, dia langsung menunjukkan tajinya.

Penampilan di Liga Champions memang kurang memuaskan, tapi di kancah domestik Blaugrana menjadi rajanya. Barcelona berhasil dibawa menjadi juara LaLiga dengan meraih 100 poin, jumlah yang tak pernah dicapai oleh Guardiola.

Keberhasilan itu didapat Vilanova dengan jalan yang tidak mulus. Dia beberapa kali harus absen mendampingi Barcelona karena mengobati penyakit kankernya, tugas pun dialihkan ke asisten Jordi Roura.

Tak ingin menyusahkan Barcelona, Vilanova akhirnya memutuskan mundur pada 19 Juli 2013 demi bisa menjalani pengobatan dengan lebih intensif.

Vilanova menghembuskan napas terakhirnya di usia ke 45 tahun pada 25 April 2014. Kejadian tersebut diyakini sudah diperkirakan banyak orang yang ada di klub Barcelona, namun cukup mengejutkan karena datang dalam situasi yang lebih cepat dari dugaan.





Simak Video "Barcelona Luncurkan Film Dokumenter untuk Mengenang Tito Vilanova"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com