sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Mei 2020 10:42 WIB

Bolehkah Madrid Datangkan Camavinga yang Masih 17 Tahun?

Putra Rusdi K - detikSport
Eduardo Camavinga saat bermain untuk Rennes Real Madrid tak akan langgar aturan transfer pemain di bawah umur jika datangkan Eduardo Camavinga (Foto: twitter.com/ecama10)
Madrid -

Real Madrid bisa mendatangkan Eduardo Camavinga meski usia bek asal Prancis ini baru 17 tahun. El Real tak akan melanggar aturan transfer di bawah umur.

Madrid dikabarkan tengah membidik gelandang belia milik Rennes, Eduardo Camavinga. Upaya Madrid mendatangkan Camavinga musim depan sempat dikhawatirkan oleh para fan membuat Los Blancos bisa melanggar aturan transfer.

Ini karena usia pemain keturunan Angola ini baru menyentuh 18 tahun pada November mendatang. Dalam aturan transfer internasional memang disebutkan bahwa pemain baru boleh ditransfer ke tim lain saat usianya sudah menginjak 18 tahun.

Itulah mengapa Rienier, Vinicius Jr dan Rodrygo baru merapat ke Santiago Bernabeu pada usia 18 tahun. Padahal, El Real sudah mencapai kesepakatan transfer mereka setahun sebelumnya.

Namun untuk Camavinga, Madrid tampaknya akan tak perlu menunggu sang pemain berusia 18 tahun untuk memboyongnya. Ini karena dalam aturan transfer di bawah umur tersebut ada beberapa pengecualian.

Salah satunya adalah pemain berusia di bawah 18 tahun boleh ditransfer jika klub yang terlibat masih berada di dalam wilayah Uni Eropa. Meski begitu, ada beberapa syarat lanjutan yang harus dipenuhi terkait pengecualian ini.

Berikut aturan lengkapnya dikutip dari AS.

Transfer berlangsung di dalam wilayah Uni Eropa (UE) atau Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) dan pemain berusia antara 16 dan 18 tahun.

Dalam hal ini, klub baru harus memenuhi kewajiban minimum berikut:

- Akan memberi pemain pendidikan dan/atau pelatihan sepakbola yang memadai sesuai dengan standar nasional tertinggi.

- Akan menjamin pemain pendidikan dan/atau sekolah dan/atau pendidikan kejuruan dan/atau pelatihan, di samping pendidikan sepak bola dan/atau latihanya, yang akan memungkinkan pemain untuk mengejar karier selain sepakbola jika dia berhenti bermain sepakbola profesional .

- Harus ada aturan memastikan bahwa pemain dijaga dengan cara terbaik (standar hidup optimal dengan rumah tinggal atau akomodasi dan penunjukan mentor di klub, dll.).

Pengecualian ini membuat Camavinga bisa pindah ke Madrid meski usianya belum 18 tahun. Hal tersebut karena Spanyol dan Prancis masih dalam lingkup Uni Eropa. Berbeda dengan Reinier, Rodrygo dan Vinicus yang didaratkan Madrid dari tim asal Brasil.



Simak Video "Eduardo Camavinga Kini Jadi Buruan Manchester United"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com