sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 11 Mei 2020 14:49 WIB

Kata Ilmuwan, Teknik Free-Kick Messi Mirip dengan Tembakan Curry

Putra Rusdi K - detikSport
BARCELONA, SPAIN - MAY 01:  Lionel Messi of Barcelona scores his sides third goal from a free kick during the UEFA Champions League Semi Final first leg match between Barcelona and Liverpool at the Nou Camp on May 01, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Teknik tendangan bebas Lionel Messi dinilai mirip dengan Stephen Curry saat menembak (Foto: Michael Regan/Getty Images)
Barcelona -

Seorang Sport Scientist, Dr. Rajpal Brar, meneliti tendangan bebas Lionel Messi. Messi dinilai menggunakan teknik yang mirip dengan Stephen Curry saat menembak.

Tendangan bebas menjadi salah satu senjata dari Messi untuk membobol gawang lawan. Dikutip dari Transfermarkt, ia telah mengemas 46 gol tendangan bebas langsung (direct free-kick) yang diciptakannya dari 43 laga bersama Barcelona

Pada musim 2018/2019, La Pulga mampu menorehkan delapan kali menggetarkan jala lawan lewat tendangan bebas. Torehan tersebut merupakan jumlah gol terbanyak Messi melalui tendangan bebas dalam satu musim. Sementara di musim ini, pemain asal Argentina ini telah mencetak tiga gol dari tendangan bebas.

Musim lalu saat mencetak dua gol tendangan bebas ke gawang Espanyol, Messi sempat mengatakan keberhasilannya tersebut hanya keberuntungan semata. Ia mengaku selalu melakukan cara yang sama setiap kali mengeksekusi tendangan bebas.

Namun sudut pandang lain dikemukakan oleh Dr. Rajpal Brar yang meneliti tendangan bebas Messi. Ia mengatakan pemain 32 tahun ini menggunakan teknik 'neuromuscular priming' dalam melakukan tendangan bebas.

"Teknik ini membantu mempersiapkan tubuh dan pikiran Anda untuk fokus. Hal ini memungkinkan sebagian dari memori otot untuk mengambil alih dan menghilangkan gangguan psikologis seperti kecemasan," ujar Brar dalam Squawka Talker Podcast.

Teknik tersebut dilakukan Messi sesaat sebelum menendang tendangan bebas. Itu terlihat dari pola tiga langkah Messi. Ia biasanya mengambil dua langkah pendek kemudian mengambil langkah panjang untuk mengayunkan kakinya menendang bola.

[Gambas:Youtube]

Brar menjelaskan pola langkah Messi ini menciptakan ritme yang memungkinkan memori otot melakukan tembakan dan mengurangi gangguan psikologis. Cara ini mirip dengan yang dilakukan bintang Golden State Warriors, Stephen Curry, saat menembak bola ke dalam ring basket.

"Ketika Messi menendang bola, dia memperhatikan caranya dengan seksama hingga menuju hasil akhir. Itu yang disebut mind-body feedback loop," jelas Brar.

"Jadi, dia seperti terhubung saat memperhatikan apa yang dilakukan oleh tubuhnya. Ia secara tidak sadar mengingat dan memahaminya, lalu secara alami bergerak dan seperti merasakan tendangan bebas itu."

"Ini hampir mirip saat kamu masih terbayang suatu gerakan di ingatanmu. Oleh karena itu, kamu bisa seperti terhubung secara langsung dengan gerakan tersebut."

"Contoh lainnya yang saya gunakan adalah Steph Curry. Anda melihatnya saat menembak. Dia sangat memperhatikan laju bola. Jadi itu hal yang sama yaitu terjadinya timbal balik dalam tubuhnya," tambahnya.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com