sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 18 Mei 2020 03:15 WIB

'Messi Lebih Hebat dari Maradona, Setara dengan Pele'

Putra Rusdi K - detikSport
BARCELONA, SPAIN - MARCH 07: Lionel Messi of FC Barcelona celebrates after scoring his teams first goal  during the La Liga match between FC Barcelona and Real Sociedad at Camp Nou on March 07, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images) Edmilson menyebut Lionel Messi lebih hebat dari Diego Maradona dan setara dengan Pele (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Barcelona -

Mantan pemain Barcelona, Edmilson merasa Lionel Messi setara dengan Pele dan lebih baik dari Diego Maradona. Ia dinilai pemain dengan bakat dan mental spesial.

Messi menjalani karier yang luar biasa bersama Barcelona Selama hampir 16 musim berseragam El Barca, ia mengantarkan timnya merengkuh 10 gelar LaLiga dan empat gelar Liga Champions.

Ia juga berhasil menjadi pemain dengan gelar Ballon d'Or terbanyak dengan enam kali merebut bola emas. Raihannya tersebut membuat La Pulga banyak disebut sebagai pemain terbaik di dunia saat ini.

Bakat spesial Messi menurut Edmilson sudah terlihat sejak pemain asal Argentina ini berhasil menembus tim utama Barcelona. Saat itu, Messi yang baru berusia 17 tahun mampu bersaing dengan nama-nama besar di lini serang Barcelona seperti, Ronaldinho, dan Samuel Eto,o.

Messi tak sekadar dibekali bakat yang luar biasa, ia juga memiliki mental yang sangat kuat. Edmilson mengungkapkan bahwa hal ini adalah kunci pria kelahiran Rosario ini mampu tampil konsisten selama 16 musim membela Barcelona.

"Ada seorang pemain muda Argentina yang menembus tim utama saat itu dan 14 tahun kemudian dia masih bersama Barcelona. Dia memiliki mental dan kemampuan yang sangat kuat yang tak pernah saya lihat sebelumnya," ungkap Edmilson di situs resmi Barcelona.

"Saya bergabung dengan Barcelona dan melihat pemuda 17 tahun bermain bersama kami dengan kontrol yang luar biasa."

"Anda mungkin memiliki bakat, skill, kecepatan dan naluri mencetak gol, tapi itu semua tak ada artinya tanpa mental yang baik. Ini karena Anda juga perlu mengatasi ketenaran, kecemasan, uang dan kebanggaan dan Leo selalu sangat kuat secara mental."

Pria asal Brasil ini bahkan yakin Messi lebih baik dari Maradona. Pasalnya Messi mampu tampil konsisten lebih dari 10 tahun.

Hal yang tak mampu dilakukan oleh Maradona. Edmilson menyetarakan Messi dengan Pele.

"Seorang pemain yang mampu mengendalikan hal di dalam dan di luar lapangan membuat mereka berbeda dengan pemain lainnya. Messi mampu melakukan itu selama lebih dari 10 tahun seperti yang dilakukan Pele," jelas Edmilson menambahkan

"Sementara pemain lain seperti Maradona, hanya mampu mencapai performa terbaik tiga hingga empat tahun."



Simak Video "Chelsea Juga Inginkan Messi?"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com