sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 29 Mei 2020 08:20 WIB

Messi Bisa Gantikan Xavi di Barcelona

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MADRID, SPAIN - OCTOBER 04:  Xavi Hernandez (R) and Lionel Messi line-up a free kick during the La Liga match between Rayo Vallecano de Madrid and FC Barcelona at Estadio Teresa Rivero on October 4, 2014 in Madrid, Spain.  (Photo by Denis Doyle/Getty Images) Lionel Messi bisa saja beralih posisi sebagai gelandang tengah seperti Xavi di masa depan. (Foto: Getty Images/Denis Doyle)
Barcelona -

Eks asisten Pep Guardiola, Domenec Torrent, berpendapat Lionel Messi tidak akan selamanya menjadi pemain depan. Messi bisa menggantikan peran Xavi di Barcelona.

Xavi meninggalkan Barcelona pada musim panas 2015 untuk menghabiskan tahun-tahun terakhir dalam kariernya di klub Qatar Al Sadd. Selama hampir dua dekade berkostum Azulgrana, mantan gelandang tengah top Spanyol itu sudah membuat lebih dari 750 penampilan dengan sumbangan 85 gol dan 184 assist.

Xavi membantu Barca memenangi delapan gelar juara LaLiga, tiga Copa del Rey, dan empat Liga Champions. Pria yang kini berusia 40 tahun itu disebut-sebut sebagai salah satu gelandang terbaik di generasinya.

Sepeninggal Xavi, Barcelona tidak memiliki pengganti yang mumpuni. Malahan, Messi kerap memainkan peran ganda sebagai gelandang sekaligus penggedor lini pertahanan lawan.

"Dia adalah pemain yang sangat cerdik," Torrent mengatakan kepada Ole yang dikutip Standard. "Sering kail dia bermain lebih dalam untuk menerima bola. Dalam beberapa tahun, dia bisa bermain seperti Xavi kalau dia mau."

"Dia tidak kehilangan bola, dia memberikan assist, daia sudah mengurus tubuhnya dengan baik di sepanjang kariernya. Kalau dia memainkan sebuah posisi yang lebih dalam ketika logikanya kecepatannya menurun, dia bisa bermain sebagai gelandang tengah atau apapun yang dia mau dan dia akan sukses."

Torrent bekerja sama dengan Guardiola di Barcelona, Bayern Munich dan dua musim di Manchester City sebelum hengkang. Bagi Torrent, Messi tiada duanya.

"Bagi saya, Leo tidak ada bandingannya. Saya kira saya tidak akan melihat pemain seperti dia lagi di dalam hidup saya. Lebih jauh lagi dia sudah berada di level tertinggi selama 15 tahun. Saya sudah melihat banyak pesepakbola hebat, tapi tidak ada yang bertahan di level elite selama 15 tahun seperti dia," imbuh Torrent.



Simak Video "Xavi Sampai Neymar Bisa Buat Messi Tetap Bertahan di Barca"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com