sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 01 Jun 2020 05:10 WIB

Dunia dan Sepakbola Setelah Corona di Mata Messi

Yanu Arifin - detikSport
Barcelonas Lionel Messi reacts during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Barcelona at the Santiago Bernabeu stadium in Madrid, Spain, Sunday, March 1, 2020. (AP Photo/Manu Fernandez) Striker Barcelona, Lionel Messi. (Foto: Manu Fernandez/AP Photo)
Barcelona -

Pandemi virus corona mengubah banyak aspek kehidupan di dunia saat ini, termasuk sepakbola. Bintang Barcelona, Lionel Messi, mengutarakan sedikit pandangannya.

Virus corona, yang pertama kali merebak di Wuhan, China, pada akhir 2019, kini telah menyebar hampir ke seluruh dunia. Berdasarkan laporan terakhir WHO hingga Sabtu (30/5), ada 5.817.385 kasus dan korban jiwanya sudah mencapai 362.705 orang.

Wabah tersebut mengubah total aspek kehidupan saat ini, termasuk sepakbola. Olahraga paling digandrungi sejagat itu mau tak mau juga menjalani keadaan new normal agar bisa berlanjut.

Sepakbola setelah pandemi corona itu dikomentari Lionel Messi. Striker asal Argentina tersebut sedikit berbicara soal kondisi dunia dan sepakbola, yang terpaksa harus terus lanjut di tengah penyakit yang masih bertebaran dan belum ada obatnya.

"Saya pikir ada banyak hal negatif dalam krisis ini, tetapi tidak ada yang lebih buruk daripada kehilangan orang yang paling Anda cintai. Itu membuat saya sangat frustrasi, dan hal yang paling tidak adil menurut saya," kata Messi kepada El Pais seperti dilansir Eurosport.

"Hampir semua orang dibuat ragu, bagaimana dunia berjalan setelah apa yang telah terjadi. Selain terkurung dan situasi yang mengejutkan ini, banyak juga orang yang mengalami kesulitan dengan cara yang bermacam-macam, salah satunya mereka yang kehilangan keluarga dan teman-temannya, bahkan sampai tak bisa melihatnya."

"Kembali latihan, kompetisi, dan apa yang sebelumnya dilakukan dengan cara wajar, sekarang harus dimulai lagi, tetapi secara progresif. Ini menjadi situasi yang aneh bagi kami, dan bagi siapa saja yang harus mengubah dinamika kerja mereka yang seperti biasanya dilakukan," jelas Lionel Messi.

Kehidupan normal baru sepakbola akibat pandemi corona, yang paling terasa adalah ketiadaan penonton. Di liga-liga top Eropa masih melarang penonton menyaksikan langsung pertandingan ke stadion.

Adapun Messi sendiri sudah mulai menjalani latihan bersama rekan-rekannya di Barcelona. Latihan sudah bisa digelar, sebagai persiapan kembalinya Liga Spanyol, yang direncanakan bisa dilanjutkan pada 11 Juni 2020.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com