sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 06 Jun 2020 13:30 WIB

Toni Kroos Cerita Bedanya Budaya di Spanyol dan Jerman

Afif Farhan, Afif Farhan - detikSport
MADRID, SPAIN - JANUARY 18: Toni Kroos of Real Madrid CF accesses the pitch prior to start the Liga match between Real Madrid CF and Sevilla FC at Estadio Santiago Bernabeu on January 18, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Toni Kross Cerita Bedanya Budaya di Spanyol dan Jerman (Getty Images/Gonzalo Arroyo Moreno)
Madrid -

Enam tahun sudah Toni Kroos berseragam Real Madrid. Dia pun bercerita bagaimana perbedaan budaya antara Spanyol dan tanah kelahirannya, Jerman.

Toni Kroos diangkut Real Madrid dari Bayern Munich di tahun 2014. Dia pun tak tergantikan di Real Madrid sebagai gelandang tengah.

Toni Kroos sudah 266 kali bermain untuk Los Blancos di seluruh kompetisi. Dia sudah merasakan tiga kali juara Liga Champions dan sekali juara Liga Spanyol.



VALENCIA, SPAIN - FEBRUARY 22: Toni Kroos of Real Madrid controls the ball during the Liga match between Levante UD and Real Madrid CF at Ciutat de Valencia on February 22, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)Toni Kroos (Getty Images/Eric Alonso)



Dilansir Marca, Toni Kroos menceritakan soal kehidupannya di Spanyol. Baginya yang mencolok adalah ketepatan waktu.

"Di sini waktu berjalan begitu santai, terlambat 10 menit di sini adalah hal yang wajar," katanya.

"Jika saya datang tiga menit sebelum waktu pertemuan, maka saya akan jadi yang pertama datang. Kalau di Jerman seperti itu, maka saya yang paling terakhir datang," lanjutnya.



Toni Kroos juga mengalami culture shock di awal-awal menetap di Spanyol. Orang Spanyol dinilai begitu mudah melakukan kontak badan seperti memeluk dan mencium pipi., tidak seperti orang Jerman.

"Saya tidak bisa seperti itu, itu bukanlah diri saya," ungkapnya.

Namun, Toni Kroos begitu menikmati kehidupannya di Spanyol. Dia masih terikat kontrak sampai 2023 bersama Real Madrid dan tidak kepikiran untuk pindah klub.



Simak Video "Gareth Bale Telah Tiba di Tottenham"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com