'Messi Harusnya Tak Mendapat Penalti'

ADVERTISEMENT

'Messi Harusnya Tak Mendapat Penalti'

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 17 Jun 2020 08:00 WIB
FC Barcelonas Lionel Messi, right, vies for the ball with Leganes Jonathan Silva during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Leganes at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Tuesday, June 16, 2020. (AP Photo/Joan Montfort)
Messi mencetak gol lewat sepakan penalti di laga ini. Foto: AP/Joan Monfort
Barcelona -

Lionel Messi mencetak gol lewat tendangan penalti saat Barcelona menumbangkan Leganes 2-0. Namun keputusan wasit memberikan penalti itu dipertanyakan.

Dalam lanjutan Liga Spanyol, Rabu (17/6/2020) dini hari WIB, skuad asuhan Quique Setien unggul lebih dulu di babak pertama lewat sepakan mendatar Ansu Fati di menit ke-42.

Di babak kedua, tepatnya di menit ke-67, Messi mendapat penalti. Selepas melakukan aksi individu yang brilian, ia mengoper bola kepada Luis Suarez, yang kemudian mengumpan bola itu kembali ke Messi.

Namun La Pulga tak bisa mengejarnya karena bertabrakan dengan Jonathan Silva di kotak terlarang. Sebelum akhirnya terjatuh, ia mendapat gangguan dari gerakan tangan Unai Bustinza yang sebetulnya sedang menjaga Suarez.

Leganes pun protes dengan keputusan wasit yang menunjuk titik putih. Mereka merasa tak melakukan pelanggaran yang disengaja kepada kapten Barcelona itu.

Namun wasit Juan Martinez tetap pada pendiriannya. Messi yang turun langsung menjadi eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya.



Pakar sepakbola yang juga eks wasit Liga Spanyol, Juan Andujar Oliver, sepakat dengan para pemain Leganes. Menurutnya, apa yang terjadi dengan Messi tak seharusnya berbuah penalti, meski wasit sudah mengecek Video Assistant Referee (VAR).

"Itu bukan penalti," kata Andujar Oliver kepada Marca.

"Memang ada kontak, tapi tak cukup. Ada banyak kontak fisik (kepada Messi) selama di luar kotak penalti, namun yang terjadi di dalam tak cukup (untuk memberikan hukuman penalti)."

"VAR tak mengoreksinya karena memang ada kontak. VAR baru mengoreksi jika tak ada kontak. Buat saya, itu bukanlah penalti," kata wasit LaLiga di era 1980-an tersebut.

Bagaimana menurutmu, detikers, tepatkah penalti yang diberikan kepada Messi?



Simak Video "Hajar Sevilla 3-0, Barcelona Menjauh dari Real Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT