sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 07 Jul 2020 09:39 WIB

Peran Lionel Messi dalam 10% Gol Barca Sepanjang Sejarah

Kris Fathoni W - detikSport
BARCELONA, SPAIN - JUNE 30: Lionel Messi of FC Barcelona celebrates after scoring his teams second goal by penalty against Goalkeeper Jan Oblak of Atletico Madrid during the Liga match between FC Barcelona and Club Atletico de Madrid at Camp Nou on June 30, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Peran Lionel Messi dalam 10% Gol Barca Sepanjang Sejarah. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Lionel Messi benar-benar punya kontribusi luar biasa di Barcelona. Messi telah berperan membidani lahirnya 10% total gol sepanjang sejarah klub Catalan itu.

Di akhir pekan Barcelona baru saja mencatatkan golnya yang ke-9.000 di seluruh ajang. Gol tersebut dicetak oleh Ansu Fati dalam kemenangan 4-1 atas Villarreal.

Messi, yang masa depannya di Barca lagi dispekulasikan, tidak mencetak gol. Tapi ia punya gol yang dianulir VAR, mengirim bola kena tiang dari tendangan bebas, dan membuat dua assist.

Situs resmi FC Barcelona mencatat bahwa sebelum mencapai hitungan 9.000 gol saat ini, gol pertama Blaugrana lahir pada 5 April 1909. Dari 9.000 gol itu, tiga yang terbanyak adalah di Liga Spanyol (6.167), Copa del Rey (1.474), dan Liga Champions (543).

Yang menarik adalah terkait fakta bahwa Lionel Messi merupakan top skorer sepanjang masa Barca dengan 630 gol di laga resmi. Dengan kata lain, pesepakbola asal Argentina itu mencetak sendiri 7% dari seluruh gol sepanjang usia Blaugrana.

"Itu terjadi walaupun ia cuma main 15 tahun dari 121 tahun sejarah klub," sebut FCBarcelona.com, merujuk ke aksi Lionel Messi.

Kontribusi Messi terhadap Barcelona kian mencengangkan jika menambahkan jumlah assist-nya buat klub Catalan tersebut. Sejauh ini Messi sudah membuat tak kurang dari 275 assist di seluruh kompetisi buat El Barca.

Dengan kata lain, Lionel Messi sudah membuat 630 gol dan 275 assist di seluruh kompetisi yang ia mainkan dengan seragam Barca. Atau dengan kata lain, ia berperan aktif terhadap 905 gol (lewat gol dan assist).

Dengan FC Barcelona kini sudah mencatatkan golnya yang ke-9.000 di seluruh kompetisi, dapat dikatakan bahwa seorang Lionel Messi sudah berkontribusi terhadap lahirnya 905 gol, atau 10%, di antara jumlah total sepanjang sejarah klubnya tersebut.

Menilik catatan itu, Barcelona niscaya takkan rela kehilangan Lionel Messi begitu saja sekalipun pesepakbola 33 tahun tersebut santer dikabarkan sudah menghentikan negosiasi kontrak baru. Kontraknya saat ini akan habis tahun depan.



Simak Video "Messi: Gelar Top Skor Nggak Penting"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com