sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 09 Jul 2020 11:50 WIB

VAR Bikin Ansu Fati-nya Barca Dikartu Merah, Sudah Tepatkah?

Kris Fathoni W - detikSport
BARCELONA, SPAIN - JULY 08: Ansu Fati FC Barcelona is shown a red car by the referee during the Liga match between FC Barcelona and RCD Espanyol at Camp Nou on July 08, 2020 in Barcelona, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Alex Caparros/Getty Images) VAR Bikin Ansu Fati-nya Barca Dikartu Merah, Sudah Tepatkah? (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Jakarta -

Ansu Fati baru main sekitar lima menit buat Barcelona, saat VAR membuatnya dapat kartu merah. Apa ada kontroversi di insiden ini?

Fati masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua laga derby Barcelona Vs Espanyol, Kamis (9/7/2020) dini hari WIB. Cuma sekitar lima menit ia berada di lapangan.

Tekel Ansu Fati terhadap Fernando Calero membuatnya kena kartu kuning. Tapi, seperti dilansir Standard.co.uk, hukuman itu ditambah jadi kartu merah menyusul adanya tinjauan VAR.

Dengan skor saat itu masih 0-0, dan Barcelona sangat butuh poin demi menjaga persaingan gelar juara dengan Real Madrid, situasi itu jelas tak menguntungkan. Tapi tak lama berselang tinjauan VAR lain membuat jumlah pemain berimbang lagi.

Ada pelanggaran Pol Lozano-nya Espanyol terhadap Gerard Pique, dua menit setelah Ansu Fati dikartu merah. Tinjauan VAR pada insiden itu membuat Espanyol lantas juga harus tampil dengan 10 pemain sejak menit ke-53.

Insiden yang melibatkan VAR ini kembali jadi pembicaraan. Tepat sebelum ini Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengindikasikan bahwa keputusan dari VAR usai liga bergulir lagi acapkali menguntungkan Real Madrid.

Saat itu, ketika ditanya apakah Real Madrid bisa menjuarai LaLiga berkat VAR, Bartomeu menjawab, "Terkadang keputusan menguntungkan satu tim atau yang lainnya. Kadangkala keputusan itu tepat dan di kesempatan lain ada kesalahan. Selalu ada tim yang diuntungkan dan hal itulah yang menyakitkan."

Lantas bagaimana dengan kartu merah buat Ansu Fati di laga teranyar Barcelona? Marca pun bertanya ke pakar wasit Juan Andujar Oliver, yang juga mantan pengadil lapangan.

"Kedua kartu merah (buat Ansu Fati dan Pol Lozano) sama-sama sudah tepat. Wasit harus ke monitor VAR untuk kedua insiden dan kemudian membuat keputusan yang tepat."

"Terjangan Fati terlalu kencang ke kakinya Fernando Calero, sedangkan pelanggaran Lozano ke Gerard Pique bahkan mungkin lebih berbahaya lagi," katanya mengomentari kartu merah buat Ansu Fati dan Pol Lozano hasil tinjauan VAR tersebut.



Simak Video "Man United Siapkan Uang Selangit Demi Ansu Fati"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com