sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 14 Jul 2020 19:10 WIB

Peran Aktif Messi dalam 79% Gol Barca-nya Setien di LaLiga

Kris Fathoni W - detikSport
Barcelonas Lionel Messi during the Spanish La Liga soccer match between Valladolid and FC Barcelona at the Jose Zorrilla stadium in Valladolid, Spain, Saturday, July 11, 2020. (AP Photo/Manu Fernandez) Peran Aktif Messi dalam 79% Gol Barca-nya Setien di LaLiga. (Foto: AP/Manu Fernandez)
Jakarta -

Satu lagi fakta ketergantungan Barcelona terhadap Lionel Messi. La Pulga rupanya punya kontribusi sangat besar buat Barca di era Quique Setien.

Boleh saja ada rumor mengenai disharmonisasi dalam tubuh Blaugrana saat ini, secara khusus terkait Lionel Messi dengan Setien dan jajaran staf pelatihnya. Tapi yang pasti Messi tetaplah seorang Messi, yang penuh kontribusi.

Akhir pekan lalu, Lionel Messi baru saja membuat sebuah pencapaian khusus untuk menambah koleksi rekornya di dunia sepakbola, ketika membantu Blaugrana menang 1-0 atas Real Valladolid.

Gol tunggal di laga itu memang dicetak oleh Arturo Vidal, tapi Messi-lah yang berperan sebagai kreator dan mencatatkan assist. Hal itu membuatnya jadi pemain pertama di LaLiga yang bisa bikin 20 gol dan 20 assist dalam satu musim yang sama.

Menurut barcablaugranes.com, kontribusi Lionel Messi di laga itu sekaligus menegaskan betapa Barca amat bergantung pada dirinya, secara khusus di era Setién yang melatih Los Cules semenjak menggantikan Ernesto Valverde pada 13 Januari.

Di era Quique Setien, Barcelona dicatat mencetak 29 gol (tak termasuk gol bunuh diri) LaLiga. Dari jumlah itu, 23 di antaranya berkat peran aktif Lionel Messi -- lewat gol maupun assist.

Dengan kata lain, 79% gol Barca di periode itu merupakan buah dari gol atau assist dari seorang Lionel Messi. Dalam 17 laga di periode tersebut, Messi membuat 15 assist dan 8 gol.

"Selain Messi, di Barcelona pada periode ini cuma ada Sergi Roberto, Arthur, Arturo Vidal, Luis Suárez, dan Ansu Fati (dua kali) yang mencetak gol tanpa assist Messi," sebut barcablaugranes.com.

Yang menarik, pada laga perdana Quique Setien sebagai pelatih Barcelona, kombinasi Messi-Vidal juga memastikan kemenangan 1-0 seperti pada laga lawan Villadolid akhir pekan lalu. Bedanya, dalam laga lawan Granada pada pertengahan Januari saat itu, Arturo Vidal-lah yang bikin assist untuk gol Lionel Messi.



Simak Video "Messi: Gelar Top Skor Nggak Penting"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com