Lionel Messi Bikin Rekor 21 Assist di Liga Spanyol

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 20 Jul 2020 05:30 WIB
VITORIA-GASTEIZ, SPAIN - JULY 19: Lionel Messi of FC Barcelona dribbles Luis Rioja of Deportivo Alaves during the Liga match between Deportivo Alaves and FC Barcelona at Estadio de Mendizorroza on July 19, 2020 in Vitoria-Gasteiz, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Lionel Messi membuat rekor 21 assist di LaLiga musim ini (Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Vitoria -

Lionel Messi menutup Liga Spanyol 2019/2020 dengan gaya. Selain bikin dua gol saat Barcelona menghantam Alaves, Messi membukukan rekor baru. Apa itu?

Barcelona yang sudah kehilangan gelar LaLiga ke tangan Real Madrid tak mau menuntaskan musim dengan hasil buruk. Dalam lawatannya ke Estadio De Mendizorroza, Minggu (19/7/2020) malam WIB, Barcelona tetap tancap gas dengan bermain menyerang sejak menit awal.

Mereka sudah unggul 3-0 di babak pertama lewat gol-gol Ansu Fati, Messi, dan Luis Suarez. Pada babak kedua, Nelson Semedo memperbesar keunggulan Barcelona sebelum ditutup gol kedua Messi yang membuat timnya menang 5-0.

Messi pun mengukuhkan posisinya di puncak topscorer dengan 25 gol. Tak cuma itu, Messi juga membuat rekor baru saat memberikan assist untuk gol pembuka dari Ansu Fati. Assist itu adalah yang ke-21 untuk Messi sekaligus memecahkan rekor baru di Liga Spanyol.

Belum pernah ada pemain yang pernah membuat assist sebanyak itu, karena sebelumnya Messi sejajar dengan Xavi Hernandez yang sama-sama membuat 20 assist pada 2008/2009. Pencapaian Xavi terbilang wajar karena dia adalah gelandang, tapi Messi itu striker yang tugas utamanya membuat gol!

[Gambas:Instagram]

Dengan torehan 25 gol dan 21 assist, Messi menyamai perolehan Thierry Henry saat mendonasikan 24 gol dan 20 assist untuk Arsenal pada musim 2002/2003. Dengan sumbangsih 46 gol itu, artinya terlibat di lebih dari 50 persen total gol Barcelona musim ini yang mencapai 86.

[Gambas:Instagram]


Tak cuma itu, Messi juga diklaim sudah terlibat dalam hadirnya 1.000 gol selama karier profesionalnya di klub. Dari 867 penampilan, ada total 702 gol dan 298 assist dibuatnya.

Kira-kira bisa apa Barcelona kalau tidak ada Lionel Messi? Messi setidaknya bisa membantu Barcelona melaju jauh di Liga Champions bulan depan. Namun, sebelumnya Messi harus bisa membawa Los Cules melewati adangan Napoli yang berhasil mengimbang 1-1 pada leg pertama 16 besar.



Simak Video "Blaugrana Gagal Menang Semenit Sebelum Bubar"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)