Nasihat Ivan Rakitic untuk Lionel Messi

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 03 Sep 2020 15:45 WIB
VILLAREAL, SPAIN - APRIL 02: Lionel Messi of Barcelona and Ivan Rakitic of Barcelona celebrate after the fourth goal of his team scored by Luis Suarez (not in frame)  during the La Liga match between Villarreal CF and FC Barcelona at Estadio de la Ceramica on April 02, 2019 in Villareal, Spain. (Photo by Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images)
Ivan Rakitic menawarkan nasihat kepada Lionel Messi terkait situasinya di Barcelona. (Foto: Getty Images/Manuel Queimadelos Alonso)
Sevilla -

Ivan Rakitic kembali ke Sevilla di tengah krisis Barcelona. Mengenai situasi Lionel Messi, Rakitic menasihati mantan rekan setimnya itu untuk bertahan.

Bintang sepakbola Kroasia tersebut pulang ke Ramon Sanchez Pizjuan setelah enam tahun berkostum Blaugrana. Biaya kepindahannya tidak diungkapkan, tapi kabarnya Sevilla bisa membayar Barcelona semahal-mahalnya EUR 8 juta.

Kepindahan Rakitic menandai dimulainya perubahan besar-besaran di skuad Barcelona setelah kegagalan di musim 2019/20. Situasi internal Barca semakin kacau karena megabintang sekaligus pemain paling berpengaruh, Lionel Messi, minta dilepas.

Negosiasi sudah dilakukan antara pihak Messi, yang diwakili agen sekaligus ayahnya, Jorge, dan kubu Barcelona tadi malam (2/9/2020), tapi tidak mendapatkan titik temu. Barca ngotot mempertahankan Messi, sedangkan si pemain berkukuh ingin angkat kaki.

Bersama Messi, Rakitic membantu Barcelona memenangi 13 trofi juara termasuk treble di 2015. Rakitic meyakini Lionel Messi lebih baik bertahan tapi akan tetap mengormati keputusan akhirnya.

"Opsi pertama dan opsi terbaik untuk semua pemain selalu Barca," ungkap Rakitic dikutip dari Stat Perform News. "Kemudian, setiap pemain harus membuat keputusan mereka. Bagiku sih, opsi pertamanya akan selalu berada di Barca."

"Setiap pemain harus melakukan analisis sendiri dan aku percaya itu dulu adalah momenku. Apa yang Messi dan pemain-pemain lain akan lakukan, aku sih tidak tahu, Anda harus bertanya kepada mereka."

"Aku sudah berbicara dengan manajemen dan kami semua puas. Dan aku yakin bahwa setiap orang akan membuat analisisnya sendiri dan melakukan yang terbaik untuk semua pihak. Aku menghormati keputusan setiap pemain dan aku sudah bilang bahwa itu adalah keputusan yang harus dibuat setiap orang," simpul Ivan Rakitic terkait spekulasi masa depan Lionel Messi.



Simak Video "#Sadseptember, Perasaan Fans Barca Ditinggal Messi dan Griezmann"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)