sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Sep 2020 20:52 WIB

Busquets: Menangani Ansu Fati Itu Harus...

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 27: Ansu Fati of FC Barcelona celebrates after scoring his sides second goal during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Villarreal CF at Camp Nou on September 27, 2020 in Barcelona, Spain. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in fixtures being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images) Ansu Fati mencetak dua gol kala Barcelona mengandaskan Villarreal 4-0. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Ansu Fati langsung menjawab kepercayaan Barcelona di awal musim ini dengan dua gol. Sergio Busquets berharap Fati tak dibebani ekspektasi berlebihan.

Fati mencetak dua gol kala Barcelona menang 4-1 atas Villarreal di Camp Nou, Senin (28/9/2020) dini hari WIB. Kemenangan telak ini menjadi start bagus Blaugrana di musim 2020/2021, setelah berbagai drama sejak akhir musim lalu.

Dengan dua gol itu pula, Fati menunjukkan bahwa ia cukup bisa dipercaya mendampingi Lionel Messi dan Antoine Griezmann di lini depan. Sebelumnya Messi dan Griezmann kehilangan rekan andal, Luis Suarez, yang dilepas klub ke Atletico Madrid.

Tapi bagaimanapun juga Fati baru 17 tahun. Gelandang veteran Barcelona Sergio Busquets meminta semua pihak bersabar dengan sang pemain dan tak menempatkan beban berlebih.

Fati sejak musim lalu sudah unjuk potensi. Ia tampil di 33 pertandingan di seluruh ajang, membuat delapan gol dan satu assist.

"Kita harus kalem dengan dia. Kami tahu tahu kemampuan yang dia miliki. Dia itu luar biasa. Kita harus membiarkan dia menampilkan permainannya dan memaksimalkan performa bagus yang sedang dia tunjukkan," kata Busquets dikutip Marca.

Selain Fati, Barcelona juga memainkan Philippe Coutinho sebagai starter di pertandingan dini hari tadi. Pelatih Barca Ronald Koeman lantas memasukkan tiga pemain baru: Pedri, Miralem Pjanic, dan Trincao di pertengahan babak kedua.

Busquets menyebut para pemain masih berupaya beradaptasi dengan sistem baru yang diterapkan Koeman. Di laga lawan Villarreal, Barcelona bermain dengan pola dasar 4-2-3-1 dengan Messi berperan sebagai false nine.

"Ini sistem yang berbeda dengan rekan-rekan setim yang baru. Kami semua mencoba untuk beradaptasi secepat mungkin, tapi kemenangan akan memberikan kami semua kepercayaan diri," sambung Busquets.

"Itu adalah laga yang bagus dan di babak kedua kami sedikit mengurangi intensitasnya. Secara umum, perasaan di dalam tim bagus dan saya yakin kalau kami terus menang, mereka (pemain-pemain baru) akan lebih baik," imbuhnya.

(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com