ADVERTISEMENT

Pertama dalam 40 Tahun, Real Madrid Tak Belanja di Bursa Musim Panas

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 06 Okt 2020 10:50 WIB
Real Madrids Vinicius Junior, center, celebrates with his teammates after scoring during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Valladolid at Alfredo di Stefano stadium in Madrid, Spain, Wednesday, Sept. 30, 2020. (AP Photo/Manu Fernandez)
Real Madrid tidak belanja pemain baru pada bursa transfer musim panas ini (Foto: AP/Manu Fernandez)
Jakarta -

Real Madrid adem ayem saja di bursa transfer musim panas ini. Hingga jendela transfer ditutup, tidak ada pemain baru yang direkrut oleh Madrid.

Bursa transfer musim panas di Eropa sudah ditutup pada 5 Oktober. Los Blancos sama sekali tidak membeli pemain pada jendela transfer ini.

Praktis hanya Martin Odegaard dan Alvaro Odriozola yang berstatus 'pemain baru' Madrid di musim 2020/2021. Mereka masing-masing baru kembali dari masa peminjaman di Real Sociedad dan Bayern Munich.

Madrid justru melepas cukup banyak pemain, baik secara permanen maupun pinjaman. Beberapa di antaranya adalah Gareth Bale, James Rodriguez, Sergio Reguilon, Achraf Hakimi, Bahim Diaz, Dani Ceballos, Borja Mayoral, hingga Takefusa Kubo.

Dilansir oleh Evening Standard, ini adalah kali pertama dalam 40 tahun di mana Madrid menjalani musim baru tanpa rekrutan baru. Pada musim panas 1980, Madrid mempromosikan tiga pemain dari tim Castilla dan membawa pulang Rafael Garcia dari peminjaman di Burgos.

Di bursa transfer musim panas ini, Madrid sempat dikaitkan dengan sejumlah pemain seperti Donny van de Beek dan Kai Havertz. Namun, tak ada transfer yang terwujud karena masalah finansial yang muncul akibat pandemi virus corona.

Pandemi virus corona memang memaksa Madrid mengencangkan ikat pinggang. Usai Madrid jadi juara Liga Spanyol lalu, Presiden Florentino Perez menyatakan bahwa tidak akan ada rekrutan besar karena kerugian yang dialami akibat pandemi. Selain itu, pemain top yang jadi target Madrid juga tidak dijual.

Selain itu, Madrid juga sudah mengeluarkan dana besar untuk renovasi Santiago Bernabeu. Biaya yang harus dikeluarkan Madrid untuk renovasi stadion kandangnya itu disebut-sebut mencapai 800 juta euro.

Pasifnya Madrid di bursa transfer musim panas ini berbeda dengan rival-rivalnya di Spanyol. Barcelona, misalnya, mendatangkan sejumlah pemain baru seperti Francisco Trincao, Miralem Pjanic, hingga Sergino Dest. Sementara Atletico Madrid memboyong Yannick Carrasco, Lucas Torreira, dan Luis Suarez.

Meski tanpa pemain baru, Real Madrid sejauh ini tetap dapat hasil oke di Liga Spanyol. Tim arahan Zinedine Zidane itu tengah memuncaki klasemen Liga Spanyol dengan 10 poin hasil dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang dalam empat laga.

(nds/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT