sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Okt 2020 22:30 WIB

Barcelona Diwanti-wanti soal Utang Rp 13,8 T

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
BARCELONA, SPAIN - JULY 16: A general view of the stadium ahead of the Liga match between FC Barcelona and CA Osasuna at Camp Nou on July 16, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Barcelona diwanti-wanti soal utang 800 juta euro. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta -

Barcelona diwanti-wanti betul soal rencana utang 800 juta euro untuk pembiayaan proyek Espai Barca. Sebab mereka berisiko kehilangan kontrol klub sepenuhnya.

Barcelona disebut-sebut akan berutang 800 juta euro kepada firma Goldman Sachs untuk membiayai proyek pembangunan Espai Barca. Espai Barca adalah proyek renovasi Camp Nou untuk menjadi komplek olahraga yang lebih modern.

Proyek itu kabarnya bakal dibiayai dengan utang 800 juta euro, atau senilai Rp 13,8 triliun. Sejumlah bagian dari utang itu diduga juga dipakai untuk membayar gaji pemain, seperti diungkap ekonom Spanyol Marc Ciria.

Ciria khawatir kesepakatan Barcelona dengan Goldman Sachs itu berujung ke hilangnya kendali para anggota klub. Sebab ada risiko firma tersebut mengambil alih klub ketika terjadi gagal bayar, apalagi utang yang diambil Barcelona jumlahnya tak main-main dengan bunga 3-4% selama 30 tahun.

"Goldman Sachs itu tak dikenal karena peminjaman uangnya, tapi atas aksi masuk ke perusahaan-perusahaan untuk kemudian keluar dengan menjual saham-saham yang telah dibeli," ungkap CEO Diagonal Investments tersebut kepada EFE dikutip AS.

"Itu adalah bank investasi, bukan bank peminjaman uang seperti La Caixa atau BBVA. Hadirnya Goldman Sachs berarti bahwa Barcelona tidak bisa pergi ke institusi nasional untuk meningkatkan utangnya."

"Alasannya jelas: klub sudah berutang kepada mereka hampir 500 juta euro dalam bentuk utang jangka pendek," sambungnya.



Simak Video "Memphis Depay Jadi Korban PHP Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com