sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 19 Nov 2020 08:00 WIB

'Xavi Bisa Jadi Sir Alex-nya Barcelona'

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Al Sadds Spanish coach Xavi Hernandez watches the second leg of the AFC Champions League semi-finals football match between Qatars Al Sadd and Saudi Al Hilal in Riyadh on October 22, 2019. (Photo by Fayez Nureldine / AFP) Calon presiden Barcelona Victor Font ingin memulangkan Xavi Hernandez (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
Barcelona -

Calon presiden Barcelona Victor Font berniat memulangkan Xavi Hernandez ke Camp Nou. Font ingin Xavi bertahan lama di Barcelona seperti Sir Alex Ferguson di Manchester United.

Victor Font jadi salah satu kandidat presiden Barcelona menggantikan Josep Maria Bartomeu yang mundur. Pemilihan dijadwalkan akan digelar pada 24 Januari mendatang.

Jika terpilih sebagai presiden Barcelona, Font ingin membawa pulang Xavi ke Camp Nou untuk jadi pelatih. Xavi saat ini masih menjabat sebagai pelatih tim Qatar, Al Sadd.

"Kami memutuskan beberapa tahun lalu kalau orang terbaik untuk membantu kami membangun organisasi kami adalah Xavi," ujar Font dalam wawancara dengan Reuters seperti dikutip ESPN.

"Idealnya kami bisa menempatkan Xavi sebagai manajer umum selama bertahun-tahun seperti Alex Ferguson di Manchester United. Tapi kalau dia perlu memainkan peran lain, dia bisa fleksibel. Hanya sedikit orang yang punya kualitas kepemimpinan seperti dia."

Meski demikian, Font menegaskan bahwa bukan berarti Xavi akan menggantikan Ronald Koeman dalam waktu dekat. Koeman baru diangkat sebagai pelatih Barcelona pada musim panas lalu dan dikontrak sampai 2022.

"Itu adalah keputusan yang akan dibuat direktur olahraga, tapi kami bersyukur Ronald mengambil tantangan ini di masa-masa sulit. Kami senang melihatnya membuat keputusan berani dan memberdayakan pemain-pemain muda yang punya potensi," ucap Font.

"Xavi punya perspektif jangka panjang. Dia baru 40 tahun, dia pernah bilang kepada saya kalau karier profesionalnya sebagai pelatih masih panjang. Jadi tidak akan ada tensi atau konflik," katanya menegaskan.

Xavi jadi salah satu pilar penting saat Barcelona tengah jaya-jayanya. Dia mencatatkan 767 kali penampilan selama memperkuat Blaugrana pada 1998-2015 dan memenangi berbagai trofi bergengsi termasuk delapan titel LaLiga dan empat gelar Liga Champions.



Simak Video "Melihat Lagi Tim-tim Superior yang Keok dengan Skor Nyelekit"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com