sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 28 Nov 2020 10:00 WIB

Terbiasalah Tanpa Messi, Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Barcelonas Martin Braithwaite, second left, celebrates with his teammates after scores his sides second goal during the Champions League group G soccer match between Dynamo Kyiv and FC Barcelona at the Olimpiyskiy Stadium in Kyiv, Ukraine, Tuesday, Nov. 24, 2020. (AP Photo/Efrem Lukatsky) Tanpa Lionel Messi, Barcelona menang 4-0 atas Dynamo Kiev di Liga Champions (Foto: AP/Efrem Lukatsky)
Jakarta -

Eks pemain Barcelona, Rivaldo, menilai kemenangan atas Dynamo Kiev jadi sinyal positif. Rivaldo menilai Barcelona harus mulai membiasakan diri main tanpa Lionel Messi.

Barcelona tandang ke markas Dynamo Kiev di matchday keempat Liga Champions tengah pekan lalu tanpa Messi. Bintang asal Argentina itu tidak disertakan ke dalam skuad yang dibawa ke Ukraina.

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, beralasan ingin mengistirahatkan Messi. Pesepakbola berusia 33 tahun itu baru kembali memperkuat timnas Argentina di jeda internasional.

Tanpa Messi, Barcelona memetik kemenangan 4-0 atas Dynamo Kiev. Gol-gol Blaugrana diciptakan oleh Sergino Dest, Martin Braithwaite (dua gol), dan Antoine Griezmann.

Hasil tersebut mengantar Barcelona lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka ke fase knockout didampingi oleh Juventus dari Grup D.

Rivaldo menilai kemenangan atas Dynamo Kiev jadi sinyal positif untuk Barcelona. Eks pesepakbola asal Brasil itu pun menantang para pemain Barcelona lainnya untuk terus unjuk gigi.

"Barcelona mendapat kemenangan tandang bagus di Liga Champions di Ukraina dengan performa solid meski Lionel Messi absen dan itu adalah kabar bagus untuk tim," ujar Rivaldo kepada Berfair seperti dilansir Sport.

"Tim main lebih baugs melawan Dynamo Kiev kali ini daripada ketika menjamu mereka di Camp Nou, jadi itu adalah hasil dan performa yang positif untuk dua alasan: Messi bisa istirahat setelah main bersama timnas dan pemain lain seperti Antoine Griezmann atau Martin Braithwaite punya kesempatan untuk naik."

"Di bagian lain pada musim ini - dan mungkin musim depan - Messi mungkin saja tidak ada dan pemain lain harus unjuk gigi, jadi bagus buat tim untuk mulai terbiasa dengan itu dan di saat bersamaan mendapat rasa percaya diri untuk mereka sendiri tanpa bintang utamanya di lapangan."

"Tentu saja, saya yakin Ronald Koeman hanya menepikan Messi dari laga ini agar dia istirahat karena itu bukan pertandingan menentukan karena Barcelona sudah hampir lolos. Kalau saya manajer Barcelona, saya maunya sih Messi selalu ada di lapangan," kata Rivaldo.

Usai menang atas Dynamo Kiev, Barcelona akan menjamu Osasuna di lanjutan LaLiga, Minggu (29/11/2020) malam WIB. Los Cules butuh kemenangan untuk memperbaiki posisinya di klasemen Liga Spanyol. Barcelona ada di urutan ke-13 dengan 11 poin dari delapan laga.



Simak Video "Messi Punya Satu Syarat Agar Bertahan di Barcelona"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com