sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Des 2020 13:59 WIB

Courtois Tak Terobsesi Penghargaan Individu

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Real Madrids goalkeeper Thibaut Courtois stops a ball during the Spanish La Liga soccer match between Real Madrid and Athletic Club Bilbao at the Alfredo Di Stefano stadium in Madrid, Spain, Tuesday, Dec. 15, 2020. (AP Photo/Bernat Armangue) Thibaut Courtois lebih bahagia kalau memenangi gelar bersama Real Madrid. (Foto: AP/Bernat Armangue)
Madrid -

Thibaut Courtois baru saja menerima trofi Zamora 2019/2020. Courtois merasa senang, tapi lebih memilih untuk bisa memenangi gelar juara bersama Real Madrid.

Trofi Zamora diperoleh Courtois setelah mencetak rasio kebobolan terbaik yaitu 0,59. Di sepanjang musim lalu, kiper internasional Belgia ini hanya kemasukan 20 gol dalam 34 pertandingan, mengungguli Jan Oblak (Atletico Madrid) yang memiliki rasio 0,71 usai kemasukan 27 gol dalam 38 laga.

Performa gemilang Courtois itu membantu Real Madrid memenangi gelar juara Liga Spanyol untuk pertama kali dalam tiga musim. Selain itu, trofi Zamora tersebut adalah gelar individu pertama bagi Courtois sejak bergabung Los Blancos pada 2018.

"Setiap trofi itu indah dan aku sudah memberikan banyak sampai musim lalu karena saat itu adalah trofi pertamaku dengan Real Madrid dan karena kami sudah memenangi LaLiga. Namun, trofi yang didapat bersama-sama itu lebih berarti," ungkap Courtois kepada Marca.

"Rasanya menyenangkan bagi seorang kiper untuk memenangi banyak pertandingan, karena kami sedang di posisi di mana kesalahan-kesalahan besar merugikan tim. Kalau kami menyelamatkan atau membantu tim menang dengan selisih satu gol, itu bagus. Kiper-kiper itu penting," lanjut mantan kiper Chelsea dan Atletico Madrid ini.

Pada daftar trofi Zamora saat ini Courtois masih dalam rasio 1,00 usai kebobolan 14 gol hanya dalam 14 penampilan di musim 2020/21. Kiper berusia 28 tahun itu tertinggal dari Alex Remiro (Real Sociedad) 0,67, Sergio Asenjo (Villarreal) dan Marko Dmitrovic yang sama-sama memiliki rasio 0,93.

Namun demikian, Real Madrid sukses kembali persaingan gelar liga setelah meraih lima kemenangan beruntun. Alhasil, El Real naik ke posisi dua klasemen usai mengoleksi 29 poin, sama dengan Atletico Madrid di atasnya, meski sudah memainkan dua pertandingan lebih banyak. Courtois masih berharap bisa memenangi trofi Zamora lagi tapi lebih bahagia dengan penampilan timnya.

"Mudah-mudahan [aku bisa memenangi trofi Zamora lainnya]. Tapi hal yang penting adalah bersaing untuk titel juara. Kalau aku bisa membuat banyak clean sheet maka kami sudah bekerja dengan sangat baik, seperti yang kami lakukan belakangan ini. Kami harus terus seperti ini dan memenangi LaLiga dan, kalau memungkinkan, Zamora," lugas Thibaut Courtois.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com