Mau ke Mana Diego Costa?

Afif Farhan - Sepakbola
Selasa, 29 Des 2020 23:00 WIB
SAN SEBASTIAN, SPAIN - SEPTEMBER 14: Diego Costa of Atletico de Madrid reacts on prior to the warm up during the Liga match between Real Sociedad and Club Atletico de Madrid at Estadio Reale Arena on September 14, 2019 in San Sebastian, Spain. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)
Mau ke Mana Diego Costa? (Getty Images)
Madrid -

Diego Costa resmi putus kontrak bersama Atletico Madrid. Artinya, dia kini tanpa klub dan bisa bebas ke klub mana saja. Tapi, akan ke mana ya?

Pengumuman hengkangnya Diego Costa dari Atletico Madrid disampaikan melalui laman klub. Pemain berkebangsaan Spanyol itu resmi meninggalkan Wanda Metropolitano pada Selasa (29/12/2020).

"Atletico Madrid dan Diego Costa telah mencapai kesepakatan untuk pemutusan kontrak sang striker, yang akan berakhir pada 30 Juni 2021. Penyerang tersebut meminta untuk meninggalkan klub karena alasan pribadi beberapa hari yang lalu, dan pada hari Selasa menandatangani pemutusan kontraknya," begitu pernyataan resmi yang dirilis Atletico.




Diego Costa disinyalir memiliki masalah pribadi yang membuatnya angkat kaki dari Atletico Madrid. Diego Costa bahkan mangkir dalam latihan tim pada Senin (28/12) kemarin.

Dirinya memang tampil kurang oke sejak kembali ke Atletico pada Januari 2018. Dia cuma mencatatkan 19 gol dalam 81 penampilan, serta banyak dilanda cedera dan hukuman kartu.

SAN SEBASTIAN, SPAIN - SEPTEMBER 14: Diego Costa of Atletico de Madrid reacts on prior to the warm up during the Liga match between Real Sociedad and Club Atletico de Madrid at Estadio Reale Arena on September 14, 2019 in San Sebastian, Spain. (Photo by Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images)Diego Costa (Getty Images)

Dilansir dari Daily Mail, pihak dari Diego Costa belum mengumumkan bakal ke mana sang pemain akan melanjutkan kariernya. Yang pasti, Costa tidak bisa membela klub-klub besar Spanyol lainnya seperti Real Madrid, Barcelona, dan Sevilla.

Sebab dalam kontraknya di Atletico Madrid ada persetujuan, Costa dilarang memperkuat klub-klub itu sebelum kontraknya habis. Jika tidak, akan kena penalti sebesar 25 juta euro atau setara Rp 433 miliar.

Walau kini Costa sudah putus kontrak, tetap saja Costa harus mengikuti aturan tersebut. Dikarenakan, Costa memutus kontrak karena masalah pribadi.

Dikabarkan, klub-klub dari Major League Soccer (MLS) kompetisi sepakbola di Amerika Serikat berminat kepada Diego Costa. Klub-klub dari Liga China juga dikabarkan tertarik padanya.

Dari Liga Inggris, Arsenal bisa saja mendapatkan pemain yang kini berusia 32 tahun itu. Costa tentu sudah paham betul atmosfer Premier League karena dirinya dulu pernah sukses bersama Chelsea dari tahun 2014-2018.

Apalagi di Arsenal ada Willian dan David Luiz, dua eks rekan Costa di Chelsea dulu. Mereka berdua bisa saja merayunya untuk bergabung.

Selain itu, Tottenham Hotspur juga mungkin saja akan merekrut Diego Costa. Sang manajer Jose Mourinho pernah bekerja sama dengannya juga di Chelsea dan sama-sama meraih titel juara Liga Inggris.

Spurs sendiri sedang mandek lini serangnya. Diego Costa bisa jadi pilihan.

BURNLEY, ENGLAND - AUGUST 18:  Manager Jose Mourinho of Chelsea speaks to Diego Costa of Chelsea after the Barclays Premier League match between Burnley and Chelsea at Turf Moor on August 18, 2014 in Burnley, England.  (Photo by Clive Brunskill/Getty Images)Diego Costa dan Jose Mourinho kala bersama-sama di Chelsea (Getty Images/Clive Brunskill)
(aff/nds)