Ini 4 Calon Kuat Presiden Barcelona

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 13 Jan 2021 07:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - APRIL 04:  The Barcelona logo is seen on a flag waving above the stadium prior to the UEFA Champions League Quarter Final Leg One match between FC Barcelona and AS Roma at Camp Nou on April 4, 2018 in Barcelona, Spain.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Ada empat kandidat kuat yang akan maju jadi presiden Barcelona. (Foto: Getty Images/Mike Hewitt)

1. Joan Laporta
Nama Joan Laporta tentu tak asing lagi. Ia merupakan mantan presiden Barcelona pada tahun 2003-2010.

Di era Laporta sendiri, Barcelona memang menjadi pesaing utama Madrid, dengan torehan empat gelar Liga Spanyol dan dua kali Liga Champions. Selain itu, ia juga sukses mengorbitkan banyak bintang.
Di antaranya Ronaldinho, para jebolan La Masia seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez, hingga Lionel Messi. Selain itu, pelatih Pep Guardiola juga diorbitkan di masa kepemimpinannya.

2. Victor Font
Victor Font adalah pengusaha Spanyol, yang merupakan pendiri Delta Partnrs Group, perusahaan jasa profesional yang bergerak di bidang konsultasi strategis, perbankan investasi dan investasi, yang berfokus pada telekomunikasi, media dan teknologi.

Font juga bos, Diario Ara, media lokal Barcelona. Sejak 2018 lalu, ia sudah 'start' kampanye, dengan menyatakan kesiapannya maju menjadi calon presiden Barcelona.

Belakangan, Font banyak berjanji akan mengembalikan sosok-sosok berjasa ke Camp Nou. Salah satunya adalah membawa pulang Xavi Hernandez sebagai pelatih, dan menjanjikan merekrut Neymar lagi dari Paris Saint-Germain.

3. Toni Freixa
Freixa merupakan orang lama di Barcelona. Ia pernah menjadi bawahan Joan Laporta pada 2003-2005, namun kemudian mundur karena tidak akur. Kemudian, ia dibawa kembali ke klub oleh Sandro Rossell, sebagai juru bicara dewan direksi klub.

Pada 2015, ia sempat maju menjadi calon presiden Barcelona. Ia bersaing dengan Bartomeu, Laporta, dan Agusti Benedito. Namun, ia kalah dalam pemungutan suara, di mana meraih hasil paling jeblok. Kini, di 2021, ia memutuskan maju lagi menjadi calon presiden klub.

4. Emili Rousaud
Emili Rousaud adalah pengusaha Spanyol, yang mendirikan perusahaan listrik independen pertama di Negeri Matador-Factor Energia. Selain pengusaha, pria 54 tahun itu juga merupakan Wakil Presiden Asosiasi Pengusaha Catalan, Anggota Sidang Pleno Kamar Dagang Barcelona, Anggota Komite Agen Pasar Listrik Spanyol, dan Promotor dan Anggota Pendiri Asosiasi Pemasar Energi Independen (ACIE).

Ia juga merupakan anggota klub nomor 31.011. Sejak 2015, Rousaud menjadi anggota dewan klub, dan didapuk menjadi wakil presiden pada Januari 2020, di bawah kepemimpinan Bartomeu.

Namun, ia sempat berseteru dengan Bartomeu, dan menyatakan mundur dari posisinya pada April. Kini, ia menjajaki peluang maju jadi calon presiden klub.

Halaman

(yna/pur)