Lionel Messi Dibela: Dia Sumbang Sepertiga Pendapatan Barcelona

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 01 Feb 2021 22:00 WIB
Barcelonas Argentinian forward Lionel Messi prepares to shoot during the Spanish Super Cup final football match between FC Barcelona and Athletic Club Bilbao at La Cartuja stadium in Seville on January 17, 2021. (Photo by CRISTINA QUICLER / AFP)
Capres Barcelona Joan Laporta mengatakan, Lionel Messi menyumbang sepertiga pendapatan klub. Messi sedang disorot karena kontraknya yang bernilai fantastis bocor ke media. (Foto: AFP/CRISTINA QUICLER)
Barcelona -

Kesulitan finansial yang dialami Barcelona kembali ditegaskan bukan salah Lionel Messi. Messi disebut menyumbangkan pendapatan yang sangat besar untuk Barca.

Pemenang Ballon d'Or enam kali itu menyedot perhatian besar setelah detail kontraknya bocor ke media. Rupanya Messi digaji lebih dari 555 juta euro (Rp 9,4 triliun) selama empat tahun terhitung sejak teken kontrak pada 2017.

Situasi menjadi semakin pelik karena Barcelona tengah menghadapi ancaman kebangkrutan. Utang Blaugrana disebut-sebut menembus satu miliar euro, bahkan dilaporkan menunggak gaji pemainnya.

Kandidat terkuat presiden baru Barcelona Joan Laporta mengatakan, Lionel Messi telah menyumbangkan sepertiga dari total pendapatan klub. Di tengah kontraknya yang segera habis, Messi mesti dipertahankan bagaimanapun caranya.

"Saya akan melakukan segalanya agar Messi bertahan. Saya kira dia bahagia di Barca dan dia ingin bertahan, tapi dia perlu mempercayai proyek olahraganya dan Barcelona kompetitif," sahut Laporta kepada RAC1, yang dikutip Sport.

"Kemarin saya mengirimi dia sebuah pesan untuk mendukung dia dan bilang kepada dia agar jangan mendengarkan berita karena fans Barca menginginkan dia agar lanjut. Kabar ini menyakitkan karena hal itu menghancurkan Barca dan tanpa pemimpin, hal-hal seperti ini bisa terjadi."

"Situasi Barca sekarang bukan karena kontrak Leo. Dia menghasilkan lebih besar daripada biaya untuk dia. Tim finansial sudah melakukan pemeriksaan dan Messi menghasilkan sepertiga dari total pendapatan Barcelona. Apa yang Messi hasilkan itu dari sisi olahraga dan emosional, apa yang sudah dia lakukan untuk klub tidak ternilai."

"Delapan dari 10 kaus yang terjual itu kausnya Leo dan ketertarikan dunia juga bergantung Messi. Tanpa Leo pun kami tidak akan banyak juara. Keuntungan ekonominya ada. Leo mewakili 8,2 persen dari biaya klub. Sebuah tim dengan Leo selalu bertujuan untuk memenangi semuanya."

"Messi tidak hanya memikirkan tentang uang. Kami harus menemukan formula untuk mempertahankan dia. Dia tidak mata duitan dan secara ekonomi, kalau dia bertahan, Messi akan membantu. Kami harus mengajukan tawaran untuk pemain terbaik dalam sejarah yang masih dalam jangkauan klub," lugas Laporta.



Simak Video "Presiden Terpilih Barcelona, Joan Laporta: Messi Mencintai Barca"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)