Messi di Ambang Pecah Rekor... sebagai Pemain Pengganti

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 09 Feb 2021 19:30 WIB
SEVILLE, SPAIN - FEBRUARY 07: Lionel Messi of FC Barcelona celebrates with team mate Pedri (R) after scoring their sides first goal during the La Liga Santander match between Real Betis and FC Barcelona at Estadio Benito Villamarin on February 07, 2021 in Seville, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Fran Santiago/Getty Images)
Messi di Ambang Pecah Rekor... sebagai Pemain Pengganti. Foto: Getty Images/Fran Santiago
Jakarta -

Lionel Messi identik dengan rekor. Kini megabintang Barcelona asal Argentina itu juga di ambang memecahkan rekor dalam perannya sebagai pemain pengganti.

La Pulga sejatinya memang kelewat hebat untuk sekadar jadi pemain pengganti. Tapi karena satu dan lain hal, ada kalanya peranan itu mesti ia jalankan.

Misalnya seperti ketika Barcelona menghadapi Real Betis pada akhir pekan lalu. Saat itu Lionel Messi baru turun di babak kedua, ketika Los Cules sedang terjepit karena ketinggalan 0-1 dari tim lawan.

Baru dua menit masuk, Lionel Messi langsung pamer aksi. Memanfaatkan umpan Ousmane Dembele, Messi menjebol gawang Betis untuk menyamakan kedudukan.

Tidak cuma itu, Lionel Messi kemudian turut berperan besar dalam gol kedua Barcelona ke gawang Betis. Kali ini Messi melepaskan umpan terobosan ke arah Jordi Alba, yang lantas meneruskan bola ke Antoine Griezmann di depan gawang. Griezmann memang tak sempurna dalam melakukan sepakan, tapi si kulit bundar tetap masuk ke gawang Betis usai membentur bek Victor Ruiz.

Pada prosesnya, Barcelona mengakhiri laga itu dengan kemenangan 3-2. Seluruh gol dicetak di paruh kedua laga, ketika Lionel Messi masuk sebagai pemain pengganti.

Performa Barca pun sedemikian berbeda di antara kedua babak. Setelah gagal membuat satu pun shot on target di 45 menit pertama, Barcelona justru bisa melepas 10 tembakan dengan empat di antaranya tepat ke sasaran pada usai Lionel Messi bermain.

Bahkan Sport, yang mengutip statistik Mr. Chip di Twitter, menyebut Lionel Messi kini berpeluang menjadi pemain pengganti terbaik dalam sejarah LaLiga. Itu karena Messi kini sudah 27 kali mencetak gol saat masuk sebagai pemain pengganti.

Jumlah itu cuma kalah dari Julio Salinas, yang 28 kali menjebol gawang lawan saat diturunkan sebagai pemain pengganti. Messi cuma butuh tambahan satu gol lagi di Barcelona untuk menyamainya dan dua gol lagi untuk memecahkan rekor itu.

Berikut catatan pemain pengganti tertajam dalam sejarah LaLiga:

- Julio Salinas = 28 gol
- Lionel Messi = 27 gol
- Oscar de Paula = 27 gol
- Walter Pandiani = 26 gol
- Manu Sarabia = 22 gol

(krs/aff)