Kantor Barcelona Digeledah Polisi!

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Senin, 01 Mar 2021 19:25 WIB
Picture shows a exterior view of the Camp Nou stadium in Barcelona on September 4, 2020. - Lionel Messi confirmed today he will stay at Barcelona, insisting he could never go to court against
Kepolisian Catalunya menggeledah kantor Barcelona terkait skandal Barcagate (Foto: AFP/PAU BARRENA)
Barcelona -

Investigasi skandal Barcagate masih berlanjut. Kepolisian Catalonia menggeledah kantor Barcelona di Camp Nou, Senin (1/3/2021) waktu setempat.

Pada Februari tahun lalu, Barcelona diguncang skandal yang kemudian disebut dengan Barcagate. Barcelona disebut menggandeng konsultan media, I3 Ventures, untuk menyerang pihak-pihak yang tak sejalan dengan presiden klub saat itu, Josep Maria Bartomeu.

I3 Ventures diduga terlibat dalam pembuatan akun-akun palsu di media sosial dengan tujuan menyerang mereka yang berlawanan dengan Bartomeu. Sejumlah pemain seperti Lionel Messi dan Gerard Pique hingga Pep Guardiola dan mantan presiden Joan Laporta diklaim jadi sasaran.

Selain itu, ada pula tudingan korupsi dalam skandal ini. Pada September 2020, kepolisian menganggap ada tanda-tanda korupsi di mana ongkos jasa yang dibayarkan untuk agensi digelembungkan hingga lebih dari 600% harga pasaran.

Selain I3 Ventures, beberapa perusahaan lain juga disebut terlibat dalam kasus ini. Menurut Cadena SER yang kemudian dilansir oleh Marca, saga inilah yang menjadi alasan polisi menggeledah kantor Barcelona.

Menurut sumber dekat klub, pihak kepolisian melakukan pemeriksaan. Meski demikian, belum diketahui secara detail apa yang mereka cari.

Pada Juli lalu, berbagai tuduhan dalam skandal ini sempat disebut tak terbukti usai digelarnya audit yang dilakukan oleh firma Price Waterhouse Coopers. Namun, kepolisan Catalunya rupanya terus mengumpulkan bukti-bukti terkait dugaan korupsi yang dilakukan Bartomeu. Kasus ini kemudian membuat tujuh petinggi klub mundur.

Pada musim panas 2020, menyusul permintaan dari hakim, sejumlah petugas kepolisian sempat mendatangi kantor Barcelona untuk mengumpulkan informasi soal kasus ini. Kini, mereka kembali untuk melakukan penggeledahan atas skandal Barcagate.

(nds/krs)