Real Madrid Memble! Zidane Terpaksa Gonta-ganti Formasi

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 02 Mar 2021 10:40 WIB
Real Madrids French coach Zinedine Zidane gestures during the Spanish league football match between Real Madrid CF and Getafe CF at the Alfredo di Stefano stadium in Valdebebas, on the outskirts of Madrid on February 9, 2021. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)
Zinedine Zidane harus bergonta-ganti formasi karena memblenya Real Madrid saat melawan Real Sociedad (Foto: AFP/GABRIEL BOUYS)
Madrid -

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, harus bergonta-ganti formasi di laga kontra Real Sociedad. Ini terjadi karena timnya bermain jauh di bawah harapan.

Madrid ditahan 1-1 oleh Real Sociedad di Estadio Alfredo Di Stefano pada lanjutan LaLiga, Selasa (2/3/2021) dini hari WIB. Tamu unggul lebih dulu lewat gol Portu di menit ke-55. Los Blancos kemudian selamat dari kekalahan setelah Vinicius Junior mencetak gol satu menit menjelang laga tuntas.

Banner Real Madrid

Dalam laga ini, Madrid memang bermain tak sesuai harapan Zinedine Zidane. Mereka tampil tidak efektif sepanjang 90 menit.

Dikutip dari Opta, El Real hanya membuat tiga shoot on target dari 20 percobaan tembakan yang mereka lakukan. Padahal, Sociedad juga tak tampil terlalu impresif dengan hanya membuat enam tembakan dengan dua mengarah ke gawang.

Zidane bahkan harus bergonta-ganti formasi di laga ini untuk menyiasati meblenya Madrid. Toni Kroos dkk memulai laga dengan formasi 4-3-3, tapi Zidane kemudian mengubahnya dengan bermain tiga bek selepas jeda.

Namun, keputusan ini justru menjadi bumerang karena Real Madrid harus kebobolan. Zidane lalu kembali ke pakem awal dengan 4-3-3 hingga mereka bisa mencetak gol balasan.

Pelatih asal Prancis ini mengaku harus bergonta-ganti formasi di laga ini demi menyiasati timnya kelelahan. Meski pada akhirnya hal ini justru merugikan Madrid, Zidane menegaskan tak punya pilihan lain kecuali membuat perubahan karena Madrid tampil jauh dari harapan.

"Saya mengubahnya karena saya tidak senang dengan pressing kami. Saat 10-15 menit berjalan saya mengubahnya lagi dan kami lebih baik memainkan 4-3-3. Para pemain pengganti melakukannya dengan baik setelah masuk." ujar Zidane dikutip dari Marca.

Jika Anda bertanya kepada saya dan itu terjadi tiga kali, maka ya, mungkin. Kami harus mengubah banyak hal karena setelah satu jam, tim agak lelah."

"Kadang-kadang kami harus mengubah banyak hal. Pada akhirnya, Anda mencoba menemukan hal-hal untuk mengubah dinamika," jelasnya.

Hasil imbang ini membuat Real Madrid tertahan di peringkat ketiga dengan 53 poin, kalah selisih gol dari Barcelona di peringkat kedua. Mereka juga gagal merapatkan jarak dengan Atletico Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol. Madrid terpaut lima angka dari sang rival sekota.

Simak juga video 'Madrid Nyaris Tumbang dari Sociedad':

[Gambas:Video 20detik]



(pur/krs)