Kronologi Pemain Valencia Jadi Korban Rasisme

Yanu Arifin - Sepakbola
Senin, 05 Apr 2021 11:43 WIB
Pemain Valencia mogok main saat menghadapi Cadiz akibat pemainnya jadi korban rasisme
Pemain Valencia saat walk out dari laga melawan Cadiz karena Mouctar Diakhaby jadi korban rasisme. (Foto: Twitter.com/@valenciacf_en)
Cadiz -

Pemain Valencia, Mouctar Diakhaby, mengaku menjadi korban rasisme saat melawan Cadiz. Bek asal Prancis itu dipanggil dengan sebutan tak pantas.

Pertandingan Liga Spanyol antara Cadiz vs Valencia di Estadio Ramon de Carranza, Minggu (4/4/2021) malam WIB, sempat terinterupsi. Insiden rasisme menjadi penyebabnya.

Bek Valencia, Mouctar Diakhby, menuding pemain Cadiz, Juan Torres Ruiz alias Cala. Di menit ke-30, tim tamu pun melakukan protes dengan walk out dari pertandingan.

Wasit David Medie Jimenez, dalam laporannya, mengungkap bagaimana kronologi peristiwa itu. Diakhaby mengaku kepadanya telah dipanggil dengan kata-kata tak pantas.

"Di menit ke-29, saya menginterupsi pertandingan karena konfrontrasi antara pemain kedua tim. Pemain nomor 12, Mouctar Diakhaby, setelah diberi kartu kuning karena adu argumen dengan pemain, memberi tahu saya kata demi kata, 'dia memanggil saya hitam menyebalkan, mengacu pada pemain nor 16 Cadiz, yakni Juan Torres Ruiz" jelas Jimenez dalam laporan pertandingannya, seperti dilansir Marca.

"Ini tidak didengar oleh salah satu anggota tim yang memimpin. Setelah beberapa saat, Valencia memutuskan meninggalkan lapangan permainan. Karena itu, pertandingan dihentikan sementara. Kedua tim kembali ke ruang ganti masing-masing."

"Setelah beberapa menit diskors, delegasi Valencia, David Rangel Pastor, di hadapan perwakilan Cadiz, Antonio Navarrete Reyes, memberi tahu kami bahwa mereka memutuskan untuk mengganti pemain nomor 12, Mouctar Diakhaby, dan melanjutkan pertandingan."

"Selanjutnya, disepakati bahwa lima menit pemanasan akan diberikan kepada kedua tim dengan tujuan menghindari cedera. Permainan dimulai kembali 24 menit setelah dihentikan, berkembang seperti biasa sejak saat itu dan seterusnya," jelasnya.

Laga sendiri dimenangkan Cadiz. Cala sempat membuat gol di menit ke-14, sebelum dibalas Kevin Gameiro lima menit berselang. Tuan rumah kemudian memastikan menang dua menit jelang waktu normal habis, lewat Marcos Mauro.

Kemenangan mengatrol posisi Cadiz naik ke peringkat 13 klasemen Liga Spanyol dengan 32 poin. Sementara Valencia tertahan di peringkat 12 dengan 33 poin.

(yna/krs)