Deja Vu Luis Suarez-David Villa: Didepak Barca, Bawa Atletico Juara

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 23 Mei 2021 12:00 WIB
Atletico Madrids Luis Suarez celebrates with supporters after the Spanish La Liga soccer match between Atletico Madrid and Valladolid at the Jose Zorrilla stadium in Valladolid, Spain, Saturday, May 22, 2021. Atletico won 2-1 and clinches its 11th Spanish La Liga title. (AP Photo/Manu Fernandez)
Deja Vu Luis Suarez-David Villa: Didepak Barca, Bawa Atletico Juara. Foto: AP/Manu Fernandez
Jakarta -

Luis Suarez juara LaLiga Spanyol bersama Atletico Madrid musim ini. Bagaikan deja vu karena hal serupa pernah terjadi dengan David Villa.

Bulan September lalu Luis Suarez resmi bergabung dengan Atletico Madrid dengan kontrak dua tahun. Itu terjadi setelah penyerang 34 tahun itu sebelumnya sudah diberitahu tak lagi diperlukan oleh Barcelona, usai enam musim di klub Catalan itu.

Pelatih Barca Ronald Koeman kabarnya menyebut bahwa perkara usia-lah yang bikin Luis Suarez harus dilepas. Sejumlah media saat itu bahkan menyebut pemain asal Uruguay itu dilepas secara cuma-cuma -- walaupun ada yang menyebut nilai transfer sekitar 5-7 juta euro.

Yang pasti, Luis Suarez meninggalkan Barcelona dengan rasa kecewa. Tapi duka itu tampaknya berhasil ia konversi jadi lecutan semangat di Atletico Madrid, yang kini berhasil dibawanya menjadi juara LaLiga Spanyol. Barcelona? 'Cuma' finis ketiga.

"Saya merasakan banyak hal, ini situasi sulit yang harus dijalani seseorang, yang memulai musim dengan mereka meremehkan saya," kata Luis Suarez, dikutip dari Mundo Deportivo, usai membawa Los Colchoneros juara.

VALLADOLID, SPAIN - MAY 22: Luis Suarez of Atletico de Madrid celebrates winning the La Liga Santander title after victory in the La Liga Santander match between Real Valladolid CF and Atletico de Madrid at Estadio Municipal Jose Zorrilla on May 22, 2021 in Valladolid, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors (Photo by Angel Martinez/Getty Images)Luis Suarez membawa Atletico Madrid juara Liga Spanyol usai pindah dari Barcelona. Foto: Getty Images/Angel Martinez

"Atletico membuka pintu buat saya untuk membuktikan diri saat ini, dan itulah mengapa saya selalu berterima kasih kepada klub hebat ini karena telah mempercayai saya," imbuh sosok yang pernah empat kali juara LaLiga di Barcelona itu.

Kontribusi Luis Suarez dalam musim pertamanya di Atletico Madrid lebih dari sekadar mencetak 21 gol dalam 38 penampilan di seluruh ajang, termasuk 32 di LaLiga.

Mantan bintang Liverpool itulah yang mencetak gol penentu gelar juara ketika Atletico Madrid bangkit dan menang 2-1 atas Real Valladolid. Hal serupa bahkan Luis Suarez lakukan di jornada sebelum ini, ketika skuad Diego Simeone comeback dari ketinggalan untuk meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Osasuna.

Kesuksesan Luis Suarez bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol musim ini turut memunculkan komparasi dengan sosok lain yang dulu juga pernah didepak Barcelona. David Villa.

Pada musim panas 2013, Barcelona menyepakati transfer sekitar 5 juta euro buat David Villa. Villa, yang saat itu berusia 32 tahun, sudah tiga musim membela Barca yang turut dibantunya meraih dua titel LaLiga.

Seperti Luis Suarez saat ini, David Villa pada saat itu juga langsung mampu memberi kontribusi buat Atletico Madrid yang di akhir musim keluar jadi juara Liga Spanyol. Saat itu David Villa mencetak 13 gol dari 36 penampilan LaLiga 2013/2014, yang juga menjadi musim terakhirnya di Spanyol.

MADRID, SPAIN - MAY 18:  Club Atletico de Madrid coach David Villa (C) celebrates after their tenth La Liga title at Neptuno Square on May 18, 2014 in Madrid, Spain.  (Photo by Pablo Blazquez Dominguez/Getty Images)David Villa merayakan gelar juara bersama Atletico Madrid pada tahun 2014. Foto: Getty Images/Pablo Blazquez Dominguez



(krs/krs)