David Alaba Dapat Nomor 4 Real Madrid, Terbebani Gak?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 21 Jul 2021 21:45 WIB
David Alaba pakai nomor 4 di Real Madrid
David Alaba pakai nomor 4 di Real Madrid (Twitter @RealMadridEN)
Madrid -

Nomor empat merupakan angka yang cukup keramat di Real Madrid dan jadi milik David Alaba musim ini. Mampukah Alaba meneruskan sukses pendahulunya?

Alaba sudah resmi jadi pemain Madrid per 1 Juli lalu setelah didatangkan cuma-cuma karena kontraknya di Bayern Munich habis. Alaba dikontrak lima tahun dengan gaji mencapai 12 juta euro.

Kedatangan Alaba tentu disertai ekspektasi tinggi mengingat pencapaiannya di Bayern. Tak cuma itu, Alaba adalah pemain serbabisa yang selain piawai bermain sebagai bek tengah, juga dapat ditempatkan di posisi bek kiri maupun gelandang bertahan.

Inilah yang jadi alasan mengapa Alaba diserahi jersey bernomor punggung empat. Nomor tersebut jadi salah satu nomor legendaris di Madrid karena pernah dikenakan para pemain top. Sergio Ramos jadi yang terakhir memakainya sebelum pindah ke Paris Saint-Germain.

Tidak usah ditanya bagaimana peran dan sumbangsih Ramos di Madrid sehingga dia bisa jadi salah satu legenda klub. Bahkan Ramos meninggalkan tim dengan status kapten.

Sebelum Ramos, ada juga Fernando Hierro. Lagi-lagi statusnya adalah bek legendaris klub karena memberikan banyak gelar untuk Madrid, serta sempat jadi kapten. Belum lagi ada sosok seperti Luis Milla, Manolo Sanchis, dan Bernd Schuster.

Maka ada beban tersendiri tentunya untuk Alaba saat mengenakan nomor empat. Terlebih Ramos adalah pemain yang terakhir mengenakannya sehingga ada tuntutan setidaknya menyamai pencapaian bek 35 tahun itu.

Terkait hal tersebut, David Alaba tidak ambil pusing karena baginya setiap nomor sama saja. Yang penting Alaba ingin tampil sebaik mungkin untuk Madrid.

"Cuma nomor ini yang tersisa sehingga mereka pun menawarkan saya. Saya tahu betapa pentingnya nomor ini untuk klub. Saya bangga mengenakannya dan akan sangat memotivasi saya. Nomor ini melambangkan kekuatan serta kepemimpinannya. Saya ingin memberikan segalanya," ujar Alaba di situs resmi klub.

(mrp/pur)