Ditinggal Varane dan Ramos, Madrid Bisa Apa?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 28 Jul 2021 09:46 WIB
LEGANES, SPAIN - FEBRUARY 21: Sergio Ramos of Real Madrid celebrates with Rafael Varane after scoring his teamÕs third goal from the penalty spot during the La Liga match between Leganes and Real Madrid at Estadio Municipal de Butarque on February 21, 2018 in Leganes, Spain. (Photo by Denis Doyle/Getty Images )
Real Madrid bisa apa ditinggal Raphael Varane dan Sergio Ramos (Foto: (Getty Images/Denis Doyle)
Madrid -

Real Madrid harus kehilangan Raphael Varane dan Sergio Ramos musim panas ini. Bisa apa El Real tanpa duo bek tengah andalan mereka tersebut?

Madrid baru saja resmi melepas Varane ke Manchester United dengan nilai transfer 42 juta euro. Kepergian Varane ke Old Trafford ini membuat Madrid kehilangan duo bek tengah andalan mereka dalam satu jendela transfer.

Sebelumnya, Los Blancos sudah lebih dulu ditinggal oleh Sergio Ramos ke Paris Saint-Germain musim panas ini. Mantan kapten Madrid ini hengkang usai kontraknya habis Juni lalu. Madrid dan Ramos tak menemui kata soal perpanjangan kontrak.

Perginya Varane dan Ramos jelas menjadi kehilangan besar untuk Madrid. Kedua pemain ini menjadi tembok utama di jantung pertahanan Madrid dalam hampir 10 tahun terakhir.

Varane dan Ramos sudah berduet sejak musim 2011/2012. Mereka sudah berpasangan di lini pertahanan dalam 227 laga Madrid.

Kombinasi keduanya mampu membantu Madrid bergelimang gelar dalam 10 tahun terakhir. Varane-Ramos bahu-membahu mengantarkan Madrid meraih tiga gelar LaLiga, empat gelar Liga Champions, satu gelar Copa del Rey, tiga gelar Piala Super Spanyol, tiga gelar Piala Super Eropa, dan empat gelar Piala Dunia Antar Klub.

Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, kini punya tugas besar untuk menutupi kehilangan Varane dan Ramos. Madrid sudah mendatangkan David Alaba dari Bayern Munich dengan bebas transfer musim panas ini untuk memperkuat lini belakang mereka.

Namun laporan beberapa media Spanyol menyebut Madrid takkan berburu bek baru lagi meski baru saja ditinggal Varane. Ancelotti kini dituntut mengoptimalkan pemain yang ada.

Ancelotti harus memadukan Alaba dengan bek tengah lama Madrid seperti Eder Millitao dan Nacho Fernandez. Juga ada, bek muda Victor Chust yang dipromosikan di tim utama musim lalu, serta Jesus Vallejo yang baru balik dari piminjaman di Granada.

Siapa Duet Ideal di Jantung Pertahanan Madrid usai Ditinggal Varane-Ramos?

David AlabaDavid Alaba diharapkan bisa langsung menjadi andalan di Real Madrid sepeninggalkan Raphael Varane dan Sergio Ramos Foto: (Instagram/realmadrid)

Kolaborasi Alaba dan Eder Millitao tampaknya menjadi duet yang paling ideal untuk dioptimalkan Ancelotti di jantung pertahanan. Alaba punya pengalaman yang sangat baik yang ditujukkannya bersama Bayern.

Sementara, Millitao penampilannya sangat berkembang di musim lalu. Ia selalu tampil penuh di sembilan laga terakhir Madrid di LaLiga musim lalu. Dalam sembilan laga tersebut, bek 23 tahun ini turut membawa Madrid membukukan enam cleansheet.

Nacho juga bisa menjadi pilihan lain. Ia membuktikan bisa diandalkan saat Madrid mengalami krisi bek di musim lalu. Namun dengan usia yang sudah 31 dan rentan cedera, Nacho jelas bukan opsi jangka panjang Madrid. Sementara Chrust dan Vallejo kemungkinan besar hanya akan menjadi pelapis.

Simak video 'Manchester United Resmi Dapatkan Raphael Varane':

[Gambas:Video 20detik]



(pur/mrp)