Aksi Kubo di Olimpiade Tokyo Bisa Bikin Madrid Pusing

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 30 Jul 2021 07:10 WIB
OSAKA, JAPAN - JULY 12: Takefusa Kubo of Japan is seen during the U-24 international friendly match between Japan and Honduras at the Yodoko Sakura Stadium on July 12, 2021 in Osaka, Japan. (Photo by Koji Watanabe/Getty Images)
Takefusa Kubo tampil sip bersama Timnas Jepang di Olimpiade Tokyo. (Foto: Getty Images/Koji Watanabe)
Jakarta -

Real Madrid tampaknya harus mengurungkan niat untuk menjual Takefusa Kubo. Gelandang asal Jepang itu bersinar di Olimpiade Tokyo 2020.

Tim sepakbola putra Jepang berhasil melaju ke perempatfinal setelah menjadi juara Grup A. Tim besutan Hajime Moriyasu ini sukses menyapu bersih tiga laga dengan mengalahkan Afrika Selatan, Meksiko, dan Prancis.

Kubo adalah bintangnya pada semua laga Jepang sejauh ini. Pemain Real Madrid itu mencetak gol tunggal ke gawang Afrika Selatan, kemudian mengemas gol pembuka saat menyikat Meksiko (2-1) dan Prancis (4-0).

Penampilan apik Kubo mungkin membuat Real Madrid harus berpikir ulang di jendela transfer musim panas tahun ini. Dari beberapa kabar yang berkembang, Kubo adalah salah satu pemain yang masuk daftar jual.

Di Olimpiade, pria berusia 20 tahun itu tampak seperti pemain yang sama sekali berbeda saat berjuang di Villarreal dan Getafe selaku klub peminjam.

Kubo telah menunjukkan kualitas oke, seperti keterampilan menggiring bola yang luar biasa. Di sisi lain, Rodrygo selaku pesaing Kubo selama waktunya di Santiago Bernabeu gagal membuktikan diri.

Satu hal yang penting dari penampilan Kubo di Olimpiade adalah kehebatannya dalam mencetak gol di musim panas. Itu adalah area yang perlu ditingkatkan Real Madrid di musim depan.

Namun, permasalahan Kubo di Madrid nantinya bukan cuma sekadar soal persaingan secara skill. Ada menyoal kuota non-Uni Eropa yang harus dihadapi.

Real Madrid harus memilih tiga pemain dari yang tersedia: Vinicius, Rodrygo, Eder Militiao, Gareth Bale, dan Kubo. Vinicius sedang dalam proses mengajukan permohonan kewarganegaraan ganda dan ada optimisme atas hal ini, tetapi itu masih akan menyisakan empat pemain non-Uni Eropa dengan asumsi bahwa solusi pasca-Brexit tidak dapat ditemukan untuk Bale.

Kubo bisa dikatakan sudah kenyang pengalaman bermain di LaLiga. Dia secara total sudah tampil 66 kali bersama Real Mallorca, Getafe, dan Villarreal. Ada pula lima gol dan enam assist yang dikemas Kubo.



Simak Video "Dukungan Warganet untuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/nds)