Barcelona Punya Utang Rp 658,5 M ke Lionel Messi

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 11 Agu 2021 22:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 08: Lionel Messi of FC Barcelona faces the media during a press conference at Nou Camp on August 08, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Eric Alonso/Getty Images)
Lionel Messi saat menggelar konferensi pers kepindahannya dari Barcelona. (Foto: Eric Alonso/Getty Images)
Barcelona -

Barcelona resmi kehilangan Lionel Messi, yang gabung Paris Saint-Germain. Blaugrana juga diketahui masih punya utang sebesar Rp 658,5 miliar ke La Pulga.

Barcelona akhirnya melepas Messi pada musim panas ini, setelah 21 tahun memilikinya. Penyerang Argentina itu tak bisa diperpanjang kontraknya karena kendala finansial klub.

Setelah terakhir kali mengontraknya pada 2017, Barcelona tak bisa melakukannya lagi musim panas ini. Akhirnya, Messi pergi dengan status bebas transfer.

Bagi Messi, Barcelona kini tinggal kenangan. Namun bagi klub, Messi lebih dari itu.

Selain legenda klub, yang jelas sudah pergi, Messi adalah sosok yang harus dipenuhi kewajibannya. Ya, Barcelona masih punya sangkutan dengan sang pemain.

Adalah perkara bonus loyalitas sang pemain yang belum dibayarkan Barcelona. Seperti dilaporkan El Espanol, Blaugrana masih punya tunggakan kepada Lionel Messi sebesar 39 juta Euro, atau setara Rp 658,5 miliar!

Bonus loyalitas Messi di Barcelona, sesuai kontrak terakhir yang ditekennya, sebenarnya mencapai 72 juta Euro atau setara Rp 1,2 triliun. Uang sebesar itu rencananya dibayar dua kali, pada Juni 2020 dan Juni 2021.

Namun, situasi keuangan yang sulit membuat Barcelona tidak bisa menyanggupinya. Pada Februari 2021, Barcelona cuma bisa membayar 8,5 juta Euro, atau sekitar Rp 143,5 miliar.

Sisanya diklaim mencapai 39 juta Euro, dan kini belum dibayarkan. Situasi ini hampir mirip dengan kasus Neymar, saat meninggalkan Barcelona pada 2017.

Ketika itu, Barcelona juga berutang kepada Neymar. Kasusnya sampai dibawa pemain Brasil ke pengadilan. Sampai akhirnya, kedua pihak mengambil jalan damai.

Apakah Messi akan menggugat Barcelona ke pengadilan? Belum tahu. Mengingat pentingnya sang pemain bagi klub selama ini, dengan sumbangan ratusan gol dan 35 trofi, bisa jadi klub akan berusaha menuntaskan kewajibannya sebagai bentuk rasa terima kasih.

Kini, Messi sudah membuka lembaran baru. Pemilik 6 Ballon d'Or itu sudah resmi berseragam Paris Saint-Germain untuk dua tahun ke depan.

(yna/cas)