LaLiga Mau Mulai, Para Pemain Baru Barca Sudah Resmi Terdaftar?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 12 Agu 2021 18:23 WIB
Barcelona team players celebrate after winning the Joan Gamper trophy soccer match between FC Barcelona and Juventus at the Estadi Johan Cruyff in Barcelona, Spain, Sunday, Aug. 8, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Barcelona sudah daftarkan pemain barunya belum? (AP/Joan Monfort)
Barcelona -

Barcelona masih dirundung ketidakpastian selepas kepergian Lionel Messi. Sebab, status pemain baru Los Cules masih tanda tanya jelang kickoff LaLiga.

Barcelona baru saja ditinggal Messi yang kontraknya tak diperpanjang karena persoalan keuangan. Sebab, Barcelona terlilit utang lebih dari 1 miliar euro dan mendapat batasan gaji oleh LaLiga.

Barcelona kini cuma boleh punya total tagihan gaji sekitar 160-170 juta euro. Itulah alasan mengapa Messi tidak bisa diperpanjang kontraknya, karena Barcelona dilarang mendaftarkan pemain karena slot gaji pemain sudah mencapai 95 persen dari total pemasukan.

Barcelona diminta menurunkan hingga 70 persen, sehingga harus melakukan banyak penyesuai di sana-sini. Persoalan baru setelah Messi pergi kini muncul, apakah para pemain baru Barcelona bisa didaftarkan?

Ada empat pemain baru di skuad Barcelona musim panas ini, yakni Memphis Depay, Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Emerson Royal. Selain Emerson, tiga pemain lainnya digaet cuma-cuma.

Dikutip Sport, Barcelona baru bisa menurunkan Emerson mengingat hak kepemilikan pemain Brasil itu sudah dipunya sejak 2019. Namun, Emerson dalam dua tahun terakhir bermain untuk Real Betis yang sebelumnya punya 50 persen hak atas si pemain.

Sementara, Memphis, Aguero, dan Garcia dikabarkan masih harus menunggu hingga Jumat, apakah bisa didaftarkan atau tidak. Sebab, Barcelona harus lebih dulu memangkas pengeluaran gajinya dengan melepas beberapa pemainnya.

Persoalannya adalah beberapa pemain Barcelona menolak dijual karena tahu gaji mereka akan turun saat bergabung ke klub baru.

Meski demikian, Barcelona rencananya mau mengutak-atik kontrak Memphis saat ini yang tenaganya dibutuhkan di lini serang. Agar bisa didaftarkan, nilai gaji Memphis akan diturunkan dan akan dimasukkan ke dalam variabel lainnya.

Barcelona yang musim lalu finis posisi ketiga LaLiga akan mengawali musim 2021/2022 menghadapi Real Sociedad di Camp Nou, Senin (16/8/2021) dini hari WIB.

(mrp/cas)