Barcelona Harus Bayar Segini Jika Melepas Koeman

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 21 Sep 2021 07:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - AUGUST 29: Head coach Ronald Koeman of FC Barcelona looks on during the La Liga Santader match between FC Barcelona and Getafe CF at Camp Nou on August 29, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Koeman dikontrak Barcelona sampai 2022. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Kontrak Ronald Koeman belum pasti lanjut di Barcelona musim depan. Jika itu terjadi, pelatih asal Belanda itu akan mendapat kompensasi yang besar.

Koeman diberi kontrak selama dua musim sejak ditunjuk menjadi entrenador Barcelona di musim panas tahun lalu. Artinya, masa baktinya akan habis pada akhir musim ini.

Sejauh ini, Barcelona dan Koeman belum menyepakati perpanjangan kontrak. Marca melaporkan di awal bulan ini bahwa direksi Blaugrana masih mempertimbangkan sejumlah hal, di antaranya peluang tim menjuarai Liga Spanyol dan cara ia memaksimalkan pemain muda dari akademi di tengah kondisi finansial yang kurang baik.

Selain itu, Koeman diharapkan mampu mempertahankan gaya bermain menyerang Barcelona sekalipun komposisi skuad tak semewah dulu. Kondisi-kondisi di atas diyakini akan menjadi penentu masa depan Koeman di Camp Nou.

Seandainya Koeman tak dipertahankan Barcelona, ia akan mendapatkan kompensasi di akhir musim. Menurut program El Club de la Mitjanit di Catalunya Radio, jumlahnya mencapai enam juta Euro (sekitar Rp 100,5 miliar) sekalipun kontraknya akan habis.

Hal ini disebabkan Koeman harus membayar 'denda' akibat memutus kontraknya bersama Timnas Belanda demi melatih Barcelona. Koeman diketahui dikontrak tim Oranje pada 2018 selama 4,5 tahun dan lanjut sampai Piala Dunia 2022 jika lolos.

Klausul tersebut dimasukkan ke dalam kontrak oleh Presiden Barcelona sebelumnya, Josep Maria Bartomeu, yang menunjuk Koeman sebagai pelatih. Dan jika ia dipecat di tengah musim, maka ganti ruginya meningkat sampai 14 juta Euro (sekitar Rp 234,6 miliar).

Sejauh ini, performa Barcelona bersama Koeman belum konsisten. Sergio Busquets dkk belum terkalahkan di 4 pertandingan LaLiga, namun sudah keok 0-3 oleh Bayern Munich di Liga Champions.

Simak video 'Barcelona Selamat dari Kekalahan Jelang Laga Bubar':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/bay)