Asensio Gerah Jadi Cadangan di Real Madrid, Ancelotti Buka Suara

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 22 Sep 2021 08:00 WIB
Real Madrids Marco Asensio gestures during Spanish Super Cup semi final soccer match between Real Madrid and Athletic Bilbao at La Rosaleda stadium in Malaga, Spain, Thursday, Jan. 14, 2021. (AP Photo/Jose Breton)
Asensio belum mendapat jatah menjadi starter di musim ini. Foto: (AP/Jose Breton)
Madrid -

Start Marco Asensio di Real Madrid tak berjalan mulus. Ia belum pernah diturunkan menjadi starter, dan menit bermainnya pun terbatas sejauh ini.

Asensio memang telat bergabung dengan skuad Madrid musim ini. Sampai awal Agustus, ia masih membela Timnas Spanyol di Olimpiade, menjadi satu dari tiga pemain senior yang dibawa ke Tokyo.

Sepekan usai Olimpiade, Asensio sudah langsung bermain untuk Madrid di pekan pembuka Liga Spanyol. Ia hanya turun di dua menit terakhir saat melawan melawan Alaves, yang dimenangi Los Blancos 4-1.

Setelahnya, Asensio masih mendapat kesempatan tampil, tapi dari bangku cadangan dan paling lama hanya sekitar setengah jam. Di dua laga terakhir, ia 'cuma' dimasukkan sebagai pengulur waktu saat berjumpa Inter Milan di Liga Champions dan duduk manis di bangku cadangan saat berjumpa Valencia.

Total, Asensio baru tampil selama 68 menit dari 6 laga yang sudah dimainkan Madrid. Kondisi ini dilaporkan Marca membuat Asensio merasa tak nyaman. Apalagi ia melewatkan sejumlah tawaran dari klub-klub lain di musim panas lalu demi bertahan di Madrid.

Tak cuma jarang bermain, ia juga dicoba turun di berbagai posisi oleh pelatih Carlo Ancelotti, mulai dari winger yang merupakan posisi aslinya, kemudian gelandang tengah, sampai gelandang serang.

Padahal, belakangan ini ia jarang bermain di posisi selain winger. Namun melihat stok winger yang melimpah (Eden Hazard, Vinicius Junior, Gareth Bale, Rodrygo, hingga Lucas Vazquez), ditambah masa pramusim yang singkat bersama Madrid, wajar bila ia akhirnya belum menjadi pilihan utama.

Ancelotti menegaskan ia tak punya masalah dengan Asensio dan waktu bermain untuknya akan datang. Asensio sendiri dilaporkan berusaha menanggapi situasi ini dengan positif.

"Normal bila ada pemain yang tak senang karena jarang main. Jika Marco Asensio atau Luka Jovic tak bahagia karena minimnya kesempatan bermain, maka itu hal yang wajar, bagus malah," ujar Ancelotti jelang melawan Real Mallorca, dikutip Marca.

"Tapi Asensio, Isco, dan Jovic sudah berlatih baik. Mereka akan mendapat jatah bermain. Saya harus mengevaluasi kondisi para pemain yang sudah bermain. Saya kepikiran melakukan rotasi, tapi perlu melihat sesi latihan dulu pada Selasa."

"Tapi betul kami berpikir untuk melakukan sejumlah rotasi. Sulit saat ini untuk menentukan siapa yang menjadi starter," jelas Ancelotti.

Madrid akan menghadapi Mallorca pada Kamis (23/9) dini hari WIB, dan patut dinanti apakah Asensio akan diturunkan sejak awal atau kembali dicadangkan.

(adp/rin)