Bartomeu: Koeman Masih Pelatih yang Tepat untuk Barcelona

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 15 Okt 2021 21:31 WIB
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 08: Head coach Ronald Koeman of FC Barcelona reacts during the UEFA Champions League Group G stage match between FC Barcelona and Juventus at Camp Nou on December 08, 2020 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Ronald Koeman dinilai masih jadi pelatih yang tepat untuk Barcelona. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Josep Maria Bartomeu menganggap Ronald Koeman sukses di musim pertamanya di Barcelona. Bartomeu percaya, Koeman masih jadi pelatih yang tepat untuk Barca.

Koeman ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada musim panas tahun lalu saat Bartomeu masih menduduki kursi presiden klub. Namun, hanya beberapa bulan kemudian Bartomeu lengser lalu digantikan Joan Laporta.

Pelatih Belanda itu sempat membawa Barca melaju bagus di LaLiga namun pada akhirnya harus puas finis ketiga dengan selisih lima poin dari Atletico Madrid. Sedangkan di Liga Champions, Gerard Pique dkk disingkirkan Paris St. Germain (agg. 2-5) di babak 16 besar. Namun, sukses memenangi Copa del Rey usai menggilas Athletic Bilbao 4-0 di final.

Tantangan berat dihadapi Koeman di musim keduanya setelah melepas sejumlah pemain bintangnya seperti Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Seperti yang dikhawatirkan, Barca mengalami kesulitan.

Koeman pun sempat santer akan dipecat usai kekalahan Barca 0-2 di kandang Atletico sebelum jeda internasional. Namun, Laporta pada prosesnya memutuskan mendukung Koeman. Bartomeu berpendapat, Barcelona mesti memberi lebih banyak waktu pada Koeman.

"Dia datang ke klub di waktu yang rentan, setelah sebuah kekalahan yang menyakitkan dan menerima tantangan menangani klub di dalam situasi ini," ucap Bartomeu kepada SPORT.

"Di musim pertamanya, dia melakukannya dengan sangat baik. Dia memenangi Copa del Rey dan saya masih tidak mengerti bagaimana kami bisa gagal memenangi LaLiga, rasanya sangat aneh bagi saya setelah musim hebat yang kami jalani. Liga Champions itu masalah lain..."

"Koeman telah mempersiapkan [untuk pekerjaannya], tapi kami harus punya kesabaran sehingga dia bisa membangun sebuah tim tanpa kehadiran pemain terbaik di dunia. Saya percaya ada banyak bakat di skuad, terutama bakat-bakat muda."

"Kami harus memenangi LaLiga dan Copa del Rey [di musim ini], saya yakin, kami harus berjuang untuk kompetisi-kompetisi itu karena kami memiliki tim untuk melakukannya," ujar Bartomeu mengatakan tentang target Barcelona.

(rin/krs)