El Clasico: Barcelona Sedang Sulit Kalahkan Real Madrid

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 22 Okt 2021 16:40 WIB
MADRID, SPAIN - APRIL 10: Oscar Mingueza of FC Barcelona is fouled by Casemiro of Real Madrid which led to a second yellow card and consequently a red card resulting in Casemiro being sent off during the La Liga Santander match between Real Madrid and FC Barcelona at Estadio Alfredo Di Stefano on April 10, 2021 in Madrid, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by Angel Martinez/Getty Images)
E Clasico: Barcelona sedang sulit menang dari Real Madrid. (Foto: Getty Images/Angel Martinez)
Jakarta -

Duel El Clasico jilid pertama 2021/2022 akan terwujud di akhir pekan ini. Barcelona tengah dibayangi laju buruk melawan Real Madrid.

Barcelona akan menjamu rival abadinya itu di Camp Nou, Minggu (24/10/2021) malam WIB. Ini akan menjadi El Clasico pertama Barca setelah tinggalkan megabintangnya, Lionel Messi, pada musim panas.

Barca butuh kemenangan demi menjaga persaingan gelar juara LaLiga. Saat ini pasukan Ronald Koeman itu masih bertengger di peringkat tujuh klasemen sementara dengan perolehan 15 poin dari delapan pertandingan, tertinggal dua poin dari Madrid (2), tapi masih memiliki satu laga sisa.

Meski begitu, perihal gengsi akan menambah motivasi kedua tim di El Clasico. Terlebih bagi Barcelona lantaran sedang kesulitan mengalahkan Real Madrid di kompetisi ini sejak akhir 2019.

Statistik memperlihatkan bahwa setelah menang 1-0 di Santiago Bernabeu pada Maret 2019, Barca belum bisa menang lagi dari Madrid di empat pertemuan selanjutnya. Gerard Pique dkk sekali meraih hasil seri dan menderita tiga kekalahan beruntun di tiga El Clasico terakhir.

Barcelona belum pernah sampai gagal menang sampai lima kali berturut-turut menghadapi suatu tim lawan di LaLiga sejak Mei 2008. Rekor buruk itu terakhir kalinya didapat Barca juga menghadapi Madrid.

Menghadapi El Real, Barca mendapat suntikan moral setelah memenangi dua laga terakhirnya; vs Valencia 3-1 dan vs Dinamo Kiev 1-0. Begitupun dengan Madrid usai menghancurkan Shakhtar Donetsk 5-0 setelah gagal memenangi tiga pertandingan sebelumnya.

"Ini adalah sebuah pertandingan istimewa untuk Spanyol dan Clasico adalah salah satu yang terpenting bagi fans. Ini bukan seperti laga lainnya dan saya ingin mempersiapkan pertandingan ini dengan ketenangan dan konsentrasi maksimal," sahut pelatih Madrid Carlo Ancelotti di laman resmi klub.

"Tim ini fokus. Kami memang belum menjalani momen yang fantastis tapi para pemain termotivasi dan menunjukkan konsentrasi yang bagus untuk berlatih setiap hari. Laga melawan Shakhtar itu penampilan terbaik kami. Kami bermain dengan sangat baik dan harus terus seperti ini," sambung dia jelang Barcelona vs Madrid.

(rin/aff)