Koeman Dipecat Barcelona, Berapa Pesangonnya?

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 28 Okt 2021 14:00 WIB
Barcelonas head coach Ronald Koeman checks the field ahead of the Spanish La Liga soccer match between Rayo Vallecano and FC Barcelona at the Vallecas stadium in Madrid, Spain, Wednesday, Oct. 27, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)
Ronald Koeman akan mengantongi nyaris Rp 200 miliar usai dipecat Barcelona. (Foto: AP/Manu Fernandez)
Barcelona -

Ronald Koeman baru saja lengser dari kursi pelatih Barcelona. Meski begitu, Koeman akan menerima uang pesangon yang jumlahnya mencapai ratusan miliar rupiah.

Barcelona telah mengumumkan pemecatan Koeman, menyusul kekalahan di markas Rayo Vallecano dengan skor 0-1, Kamis (28/10/2021) dinihari WIB. Radamel Falcao menjadi penentuk kemenangan Rayo dengan golnya di babak pertama. Barca sesungguhnya punya peluang menyamakan skor melalui penalti di babak kedua tapi eksekusi Memphis Depay berhasil ditepis.

Hasil itu menandai bahwa Barca hanya tiga kali menang dan sudah lima kali kalah dalam 10 pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi. Kekalahan dari Rayo juga berarti Barca menderita tiga kekalahan tandang beruntun tanpa mencetak gol untuk pertama kalinya dalam 34 tahun.

"FC Barcelona telah melepaskan Ronald Koeman dari pekerjaannya sebagai pelatih tim utama. Presiden klub Joan Laporta telah memberitahukan keputusan ini kepada dia setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengucapkan selamat tinggal kepada skuad pada Kamis di Ciutat Esportiva," bunyi keterangan di laman resmi klub.

Ronald Koeman dipecat Barcelona lebih awal dari kontraknya pada musim panas tahun depan. Menurut El Pais, harga yang harus dibayar Barca karena memberhentikan Koeman sekitar 12 juta euro (sekitar Rp 197,7 miliar).

Koeman meninggalkan Camp Nou dengan rekor 40 kemenangan, 11 seri, dan 16 kali kalah dalam 67 pertandingan. Koeman memenangi Copa del Rey di musim pertamanya namun Barca finis ketiga di belakang Atletico Madrid dan Real Madrid di LaLiga, finis terburuk klub sejak 2008.

Mantan kapten Barcelona Xavi Hernandez diyakini menjadi satu dari tiga kandidat pengganti Ronald Koeman. Manajer River Plate Marcelo Gallardo juga ada di dalam daftar incaran Barca, sedangkan pelatih Barca B Sergi Barjuan dipertimbangkan jika membutuhkan pelatih interim.

--

1 EUR = Rp 16.480

(rin/krs)